Capaian Layanan AHU Babel Triwulan III 2025 Naik 16 Persen, Dorong Kesadaran Hukum Masyarakat

Jumat 19-09-2025,13:01 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil Kemenkum Babel) mencatat peningkatan signifikan dalam layanan administrasi hukum umum (AHU) hingga Triwulan III Tahun 2025.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kaswo, pada Kamis 18 September 2025, menyampaikan bahwa berdasarkan data Monitoring Ditjen AHU, beberapa layanan utama mengalami pertumbuhan.

Data mencatat 37.958 pendaftaran fidusia, 168 permohonan pendirian perseroan perorangan, 82 permohonan stiker legalisasi, serta 198 permohonan apostille.

Dari semua layanan tersebut, total Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp571.400.000, meningkat 16% dibandingkan periode yang sama pada 2024 yang hanya sebesar Rp492.950.000.

BACA JUGA:Ronald Lumbun Tekankan Peran Strategis Kanwil, Kemenkum Babel Sampaikan Isu Fidusia

BACA JUGA:Kanwil Kemenkum Babel Dorong Transparansi Korporasi lewat Verifikasi Beneficial Ownership

Kaswo menegaskan bahwa capaian ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang semakin tinggi dalam memanfaatkan layanan hukum.

Tidak hanya pelaku usaha, masyarakat umum juga mulai sadar akan pentingnya legalitas dan kepastian hukum.

“Peningkatan ini menjadi indikator positif bahwa layanan AHU semakin dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat di Bangka Belitung,” ujar Kaswo.

Hal ini membuktikan bahwa pelayanan berbasis digital dan keterjangkauan informasi menjadi faktor penting dalam mendorong partisipasi masyarakat terhadap layanan hukum.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkum Babel Gelar Sosialisasi Porsibel dan FGD Tata Kelola, Dukung Efisiensi Regulasi di Daerah

BACA JUGA:Kanwil Kemenkum Babel Dorong Profesionalisme ASN Lewat Feedback Penilaian Kompetensi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kepulauan Bangka Belitung, Johan Manurung, menambahkan bahwa pencapaian ini menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kualitas layanan hukum.

Menurutnya, Kanwil Kemenkum Babel akan memperluas akses masyarakat terhadap layanan AHU dengan menghadirkan berbagai inovasi digital.

Salah satu terobosan yang diperkenalkan adalah AHUSIGAP Babel, sebuah layanan komunikasi interaktif melalui WhatsApp yang memudahkan masyarakat untuk langsung berkomunikasi dengan operator.

Kategori :