Pemkab Muara Enim Berkomitmen Capai Target SDGs untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Selasa 08-10-2024,06:06 WIB
Reporter : Ozy
Editor : Rahmat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Muara Enim menunjukkan komitmen tinggi untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pelayanan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

Komitmen ini juga menjadi bagian dari persiapan untuk menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045.

Pj Bupati Muara Enim, H. Henky Putrawan, SPt, MSi, MM, menyampaikan hal tersebut saat menghadiri SDGs Annual Conference (SAC) 2024 yang diselenggarakan di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 7 Oktober 2024.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Petugas Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Pertandingan Futsal Persahabatan dengan Bapas Muratara

BACA JUGA:Pimpinan DPRD OKU Belum Ditetapkan, Pembahasan APBD Terbengkalai?

Pj Bupati Henky menegaskan bahwa Kabupaten Muara Enim bertekad untuk mengejar pencapaian SDGs melalui berbagai program yang terintegrasi dengan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs yang disusun oleh pemerintah daerah bersama pihak non-pemerintah.

Dalam konferensi tersebut, Henky memaparkan bahwa Kabupaten Muara Enim telah mencapai 31 indikator SDGs dari total 154 indikator yang harus dipenuhi. Indikator-indikator yang tercapai mencakup empat pilar utama, yaitu pembangunan sosial, lingkungan, hukum/tata kelola, dan ekonomi.

“Capaian ini menunjukkan bahwa Muara Enim berada di jalur yang tepat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, sejalan dengan visi SDGs nasional dan global,” ujar Henky.

Henky juga menyebutkan bahwa pencapaian tersebut tidak lepas dari kolaborasi yang erat antara pemerintah, sektor swasta, serta organisasi non-pemerintah.

BACA JUGA:Bakal Terseret Kasus Dugaan Penganiayaan Istri Muda, Akankah Ketum Parpol Ini Gagal Jadi Menteri?

BACA JUGA:Kepergok Pemilik Kebun, Pencuri Jengkol di Musi Rawas Tewas Dikeroyok

Ia menambahkan, “Kami terus mendorong agar seluruh indikator SDGs dapat tercapai dengan baik melalui pendekatan yang inklusif dan berbasis kemitraan.”

Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus mendorong inovasi dan menjalankan program-program unggulan untuk memastikan tercapainya target SDGs.

Program-program tersebut di antaranya meliputi Operasi Pasar Murah (OPM) dan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi dan menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Kategori :