Sandiaga Uno Dorong UMKM dan Ekonomi Kreatif Palembang Menuju Kota Kreatif Unesco

Minggu 15-09-2024,17:06 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Wiwik

“Bermitra lebih baik, tetapi harus teliti dalam memilih mitra yang satu visi. Pemerintah juga harus hadir dalam memberikan pelatihan dan pendampingan agar para pelaku UMKM semakin kuat,” tambahnya.


Sandiaga Uno mendukung produk lokal UMKM Palembang, mendorong kreativitas dan kolaborasi dalam acara Kelana Nusantara, Minggu 15 September 2024.--

Dalam diskusi yang berlangsung, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa salah satu terobosan yang sedang digarap adalah pengajuan Kota Palembang sebagai kota kreatif dari Unesco.

BACA JUGA:BENERAN? Maia Estianty Ungkap Rencana Pernikahan El Rumi dan Syifa Hadju

BACA JUGA:Dirjen HAM: Lonjakan Kasus ABH, Perlunya Revisi UU SPPA dan Pendekatan Restorative Justice yang Lebih Efektif

Menurutnya, jika Palembang berhasil mendapatkan pengakuan tersebut, akan ada dampak besar terhadap peningkatan lapangan usaha dan kesempatan kerja di kota ini.

“Kami berharap Kota Palembang bisa menjadi kota kreatif Unesco, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palembang,” jelasnya.

Pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Palembang, menurut Sandiaga, memiliki potensi yang sangat besar.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah pusat, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat antara pelaku usaha lokal, pemerintah daerah, dan komunitas kreatif.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi Inovasi Dapur Sehat dan Pembangunan Modern di Lapas Muaradua

BACA JUGA:Bahrain Panik Menghadapi Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia, Ternyata Alasannya Ini

Langkah ini juga diharapkan mampu mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi dan meningkatkan daya saing ekonomi kreatif Palembang di tingkat global.

Pj Wali Kota Palembang, A Damenta, dalam kesempatan yang sama menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di kotanya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan pelaku usaha lokal dengan memanfaatkan berbagai aset yang ada di Palembang.

Salah satu langkah yang sedang ditempuh adalah pemanfaatan aset Museum Tekstil untuk dijadikan ruang bagi UMKM dan ekonomi kreatif untuk menampilkan produk mereka.

BACA JUGA:Bahrain Panik Menghadapi Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia, Ternyata Alasannya Ini

Kategori :