Sandiaga Uno Dorong UMKM dan Ekonomi Kreatif Palembang Menuju Kota Kreatif Unesco

Minggu 15-09-2024,17:06 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Wiwik

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Kota Palembang pada Minggu, 15 September 2024, memberikan angin segar bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta ekonomi kreatif di Bumi Sriwijaya.

Bersama dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang, A Damenta, Sandiaga Uno menjadi narasumber dalam acara Kelana Nusantara yang berlangsung di Utopia Collaboration Space.

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan ini dirancang untuk mengakomodir para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kota Palembang agar dapat berdiskusi dan memperoleh wawasan baru secara langsung dari para narasumber.

BACA JUGA:5 Fakta Tentang Rizky Ridho yang Jarang Diketahui, Bek Muda yang Bersinar

BACA JUGA:Festival Layang-Layang Pinang Banjar Hiasi Langit dalam Peringatan Hari Pariwisata Dunia ke-44

Dalam suasana yang interaktif, pelaku UMKM di Palembang berkesempatan menampilkan produk-produk unggulan mereka, mulai dari kuliner khas hingga kain tradisional daerah, di hadapan Menteri Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menegaskan pentingnya inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM.

Menurutnya, inovasi yang lebih banyak dan berbagai event kreatif merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing UMKM di tingkat nasional maupun global.


Pj Wali Kota Palembang, A Damenta berdialog dengan pelaku UMKM Palembang, mendorong inovasi dan kolaborasi dalam ekonomi kreatif pada acara Kelana Nusantara, Minggu 15 September 2024.--

“Inovasi-inovasi seperti ini harus lebih banyak dikembangkan, begitu juga dengan event-event kreatif. Ini akan menjadi magnet baru bagi ekonomi kreatif di Palembang,” ujar Sandiaga.

BACA JUGA:Gebrakan Baru Pemkab Muara Enim, Pembangunan Rumah Sakit KJSU 10 Lantai Siap Dimulai di Lokasi Strategis

BACA JUGA:Pasca Kontroversi Wasit Asal Sumsel di PON XXI Aceh-Sumut 2024, PSSI Siapkan Sanksi, Erick Thohir: Memalukan!

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengembangan usaha. Menurutnya, kolaborasi antar berbagai pihak seperti pemerintah, pelaku usaha, dan komunitas kreatif akan menjadi faktor penting dalam memajukan UMKM.

Namun, ia mengingatkan agar pelaku UMKM berhati-hati dalam memilih mitra, terutama yang memiliki visi yang sejalan.

Kategori :