Tanah Longsor di Ogan Ilir Sebabkan 1 Unit Rumah Roboh dan Nyaris Nyemplung ke Sungai Ogan

Sabtu 31-08-2024,17:03 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Hetty

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Tanah longsor yang terjadi di Dusun I Desa Ketapang I Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, menyebabkan satu unit rumah roboh. 

Rumah yang roboh akibat tanah longsor tersebut adalah milik Khodijah (70), seorang janda yang tinggal di Dusun I Desa Ketapang I Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. 

Mendapati laporan dari warga tentang adanya rumah roboh akibat tanah longsor ini, personel Polsek Tanjung Raja pun langsung menuju lokasi kejadian tanah longsor. 

Kapolsek Tanjung Raja, AKP Zahirin mengungkapkan, saat menerima informasi terkait adanya tanah longsor dan rumah roboh personelnya langsung menuju lokasi kejadian. 

BACA JUGA:Waspada! Memasuki Awal Puasa Ramadan 2024 Diprediksi Terjadi Hujan Lebat, BMKG: 'Siaga' Banjir & Tanah Longsor

BACA JUGA:Detik-Detik Tanah Longsor di Luwu Sulsel Terekam Video, Menegangkan, Hingga Warga Lari Tunggang Langgang

Menurut Kapolsek, peristiwa tanah longsor dan rumah roboh yang terjadi di Dusun I Desa Ketapang I ini terjadi pada Jumat, 30 Agustus 2024 sekitar pukul 13.00 WIB.

Peristiwa tersebut terjadi tepat di pinggiran aliran Sungai Ogan yang ada di Desa Ketapang I Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. 


Personel Polsek Tanjung Raja bersama anggota Koramil dan BPBD Ogan Ilir mengecek lokasi tanah longsor. --

Berdasarkan hasil dari pemantauan yang dilakukan Unit Intelkam Polsek Tanjung Raja, di lokasi tersebut memang benar terdapat penurunan permukaan tanah.

"Tepatnya di pinggiran Sungai Ogan dengan ukuran 10 X 100 meter," sebutnya, Sabtu, 31 Agustus 2024.

BACA JUGA:Intensitas Hujan Meningkat, Pj Gubernur Sumsel Imbau Waspada Tanah Longsor dan Banjir

BACA JUGA:330 Meter Pipa Besi Hilang di Lokasi Penahan Tanah Longsor Sungai Musi Desa Bailangu Muba

Berdasarkan informasi dari Kepala Desa Ketapang I, Musaddat, bahwa titik awal timbulnya longsor tersebut telah diketahui oleh unsur Pemerintah Desa Ketapang I pada akhir bulan Juli 2024 lalu.

"Namun titik longsor belum terlalu besar seperti saat ini," sebutnya.

Kategori :