Pelatihan Kewirausahaan Terasi Serbuk Udang, Mendorong Inovasi UMKM Mutiara Laut di Palembang

Kamis 22-08-2024,13:32 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar pelatihan kewirausahaan berbasis masyarakat di Kota Palembang.

Acara ini merupakan bagian dari Program Hibah Pengabdian Masyarakat Berbasis MBKM Kinerja IKU PTS Tahun 2024 yang bekerja sama dengan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM).

Pelatihan ini berfokus pada pembuatan terasi serbuk udang Berebai, sebuah produk yang dihasilkan dari bahan-bahan lokal, yakni udang Berebai yang ditangkap oleh petani udang di Sungsang, Banyuasin.

Pelatihan ini dilaksanakan di UMKM Mutiara Laut yang berlokasi di Komplek Griya Hero Abadi Blok CC No. 5, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Rapat Paripurna Pengesahan RUU Pilkada Dibatalkan DPR, Buntut Pengepungan Gedung oleh Pendemo?

BACA JUGA:Viral Video Babysitter Psikopat Siksa Anak Majikan di Palembang, Pelaku Dikabarkan Sudah Minggat!

Pemilik UMKM tersebut, Darmalina, atau yang akrab dipanggil Kupik Lien, merupakan salah satu pelopor pembuatan terasi serbuk udang Berebai yang telah merintis usaha ini sejak beberapa tahun lalu.


Dr. Lesi Hertati dari UIGM memberikan arahan dalam pelatihan kewirausahaan, menyiapkan peserta untuk mengelola usaha dengan lebih profesional.--

Desa Sungsang, tempat asal bahan baku utama udang Berebai, adalah wilayah dengan kondisi ekonomi yang cukup memprihatinkan.

Sebagian besar masyarakat di sana adalah nelayan dengan penghasilan yang tidak menentu, tinggal di rumah-rumah kayu yang dibangun di atas aliran air laut.

Udang Berebai sendiri adalah jenis udang yang bermigrasi setiap dua minggu sekali mengikuti arus air pasang, dan sering tertangkap di semak-semak belukar di tepi laut.

BACA JUGA:Tersangka Kasus Mega Korupsi IUP Tambang Batu Bara Rp555 Miliar Ajukan Praperadilan

BACA JUGA:Kepergok Curi Buah Sawit di Tungkal Ilir Banyuasin, 3 Pelaku Diamuk Massa, Mobil Ikut Dibakar

Namun, kondisi lingkungan yang kurang memadai sering kali menimbulkan masalah, terutama dalam hal pengelolaan hasil tangkapan.


Suasana penuh semangat saat pelatihan pembuatan terasi serbuk udang di UMKM Mutiara Laut, Palembang, berlangsung.--

Kategori :