Kawanan Gajah Liar Ngamuk, Acak-Acak Kebun Warga di Muratara, Puluhan Batang Sawit Rusak

Sabtu 03-08-2024,19:29 WIB
Editor : Edward Desmamora

Informasi dihimpun, sebelumnya keberadaan gajah liar yang meneror perkebunan warga di Muratara memang sudah terjadi seperti dua minggu lalu di wilayah Nibung, Kabupaten Muratara.

BACA JUGA:Gajah Perang Habisi Filipina, Shin Tae Yong Siapkan Kejutan saat Timnas Indonesia Jumpa Thailand Hari Ini

BACA JUGA:Galakan Ronda, Antisipasi Kawanan Gajah Masuki Pemukiman Warga

Sementara itu, Yusmono dari BKSDA Provinsi Lahat yang membawahi wilayah Kabupaten Muratara, membenarkan jika sebelumnya ada laporan mengenai gajah liar di Muratara.

Pihaknya sudah menurunkan tim BKSDA ke Muratara, dan meminta masyarakat agar tidak menganggu gajah liar tersebut. 

"Kemungkinan gajah ini dari wilayah konservasi hutan reki, di Muba. Tahun sebelumnya juga pernah terjadi gajah liar masuk ke Muratara," bebernya.

Namun pihaknya menegaskan, akan melakukan pengecekan terkait lokasi pantauan gajah liar terakhir. Dan mengimbau warga agar tidak melakukan aksi aksi yang diluar konteks.

BACA JUGA:Satu Warga Desa Jelutung Tewas, Segerombolan Gajah Liar Mengamuk

BACA JUGA:Kawanan Gajah Rusak Gubuk di Kawasan Wisata Kawah Nirwana

"Gajah ini salah satu satwa dilindungi, kita minta warga gajahnya jangan diganggu. Karena dia hanya cari makan tapi lambat laun pasti dia akan kembali lagi ke habitat awalnya," jelasnya.

Sejumlah kawanan gajah liar masuk ke pemukiman dan kebun milik warga Desa Simpang Tiga Sakti, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Kejadian ini sudah berlangsung selama lebih dari satu bulan dan telah menimbulkan keresahan di kalangan warga.

Menurut Camat Tulung Selapan, M Saleh, kawanan gajah liar tersebut berasal dari Taman Nasional Sembilang. Gajah-gajah tersebut masuk ke wilayah pemukiman warga karena mencari makanan dan habitat yang nyaman.

 

Kategori :