Wow! Pemerintah Akan Kucurkan Anggaran KUR Tahun 2024, Segini Nilainya

Jumat 29-12-2023,19:25 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Zeri

Selain itu diketahui untuk jumlah debitur graduasi KUR sebanyak 1,4 juta debitur atau 53,6 persen dari total debitur KUR pada bulan Agustus 2023.

Tahun 2024, terdapat beberapa perubahan kebijakan KUR yang dilakukan dalam  mempertegas ketentuan yang berlaku pada kebijakan penyaluran KUR Tahun 2023.

Beberapa ketentuan tersebut seperti kepesertaan debitur di program perlindungan sosial ketenagakerjaan, akses KUR berulang dalm sektor pertanian, dan pendefinisian kredit yang dikecualikan untuk memperoleh kembali akses KUR.

Hal ini juga dipaparkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir yang mencatat pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank Himbara yang mencatat Rp1,6 triliun sampai bulan September 2023.

BACA JUGA:Jangan Kudet! Begini Cara Ajukan KUR BCA 2024 Beserta Suku Bunga, Limit Pinjaman dan Syaratnya

Ada beberapa bank Himbara yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyalurkan dana KUR diantaranya PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (Bank BNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN).

Diantara bank Himbara tersebut, Bank BRI masuk dalam yang paling besar menyalurkan pembiayaan kepada UMKM, dimana porsinya mencapai 83 persen. (*)

Kategori :