Yuks Kenali Jenis Tanaman Hias yang Cantik dan Kekinian

Kamis 12-10-2023,08:12 WIB
Reporter : Windy Siska
Editor : Rappi Darmawan

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias Tahan Cuaca Panas, Cocok untuk Daerah Tropis

Hebatnya lagi, monstera juga mampu menyerap zat berbahaya seperti formaldehida yang bisa merusak tubuh. 

Tanaman hias monstera terdiri atas puluhan varietas. Dari sekian banyak jenis itu, ada satu varietas yang paling sering dibudidayakan dan terkenal dari yang lainnya, yakni Monstera deliciosa.

Di Indonesia, tanaman ini kerap dijuluki dengan sebutan 'janda bolong' dan dikenal sebagai salah satu tanaman hias terpopuler. Monstera juga memiliki daya tumbuh yang cepat, apalagi Monstera deliciosa borsigiana.

2. Hoya

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen Bikin Udara di Rumah Lebih Bersih

Hoya merupakan tanaman hias dengan daun lilin dan bunga aromatiknya yang indah. Meskipun mereka membutuhkan cukup banyak cahaya untuk tumbuh subur, hoya adalah tanaman kuat yang tak memerlukan banyak perawatan. Sebagian besar spesies hoya dikenal tahan kekeringan. 

Tanaman hias yang satu ini punya karakter menyerupai bunga plastik. Tekstur bunganya yang kasar dan berkilau warna-warni membuat orang awam bertanya-tanya: Tanaman yang digantung di teras rumah itu tanaman sintetis atau asli, ya?

Tanaman hias dari Asia Timur ini memang jarang ditemukan di toko bunga. Sekalipun begitu,  perlu tahu beberapa jenis tanaman Hoya yang bisa dibudidayakan di antaranya Hoya Cinnamomifolia var. purpureofusca, Verticillata, Parasitica, Cumingiana (terestrial) serta Diversifolia.

3. Calathea

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Cantik Namun Perawatan Sulit, Butuh Asisten Khusus

Dari keluarga calathea, tanaman hias kekinian yang paling diburu adalah jenis calathea cynthia. Tumbuhan ini memiliki ciri khas dari motif dan warna daunnya yang terbilang cukup unik. 

Kalau dilihat dari warnanya, cynthia dibedakan menjadi dua jenis, yakni cynthia merah dan putih. Calathea merah ditandai dengan warna tulang daun dan pinggir daunnya yang berwarna merah.

Sementara bagian tengahnya berwarna hijau tua. Sedangkan calathea putih memiliki warna putih pada tulang daun dan pinggirannya. 

Meski demikian, warna dasar calathea sebenarnya merah, sehingga bagian belakang daunnya semua berwarna merah. Sebagai salah satu bunga kekinian, tanaman ini cukup mudah ditemukan. Harganyapun masih terjangkau.

BACA JUGA:TREND LAGI! Ini 4 Tanaman Hias Kekinian yang Banyak Digemari Kolektor

Kategori :