ToRi Coffee: Mengangkat Budaya Toraja dan Kopi Indonesia ke Pasar Global dengan Dukungan BRI

ToRi Coffee: Menyajikan cita rasa kopi Toraja yang autentik, sambil memperkenalkan kekayaan budaya lokal ke dunia.--
SUMEKS.CO - Di tengah semangat kembali ke akar budaya, ToRi Coffee berhasil menjadi contoh kesuksesan usaha UMKM lokal yang mampu bersaing di pasar global.
Didirikan pada 2 Februari 2020 oleh pasangan suami istri, Citra Wulandari dan Fredy Pairunan, ToRi Coffee berangkat dari upaya melestarikan kekayaan budaya khas Toraja dan mengenalkan kopi berkualitas tinggi asal daerah ini ke seluruh dunia.
Toraja, yang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, telah menjadi tanah kelahiran ToRi Coffee.
Citra Wulandari, dengan latar belakang sebagai seorang pengusaha dan pemilik bisnis, bersama suaminya memutuskan untuk meninggalkan kehidupan kota dan kembali ke kampung halaman untuk membangun usaha kopi mereka.
BACA JUGA:BRI Perluas Inklusi Keuangan dengan AgenBRILink, Jangkau Wilayah 3T dan Tingkatkan Ekonomi Daerah
BACA JUGA:BRI Dorong UMKM Indonesia, Casa Grata Sukses Ekspor ke Singapura Melalui FHA Food dan Beverage 2025
“Toraja dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, hingga akhirnya kami memutuskan untuk mengangkat karakter etnik Toraja di coffee shop kami, termasuk dalam filosofi brand hingga desain produk,” ungkap Citra.
Namun, ToRi Coffee tidak hanya tentang kopi. Keberadaan mereka memiliki misi sosial yang sangat dalam, yaitu mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) lokal dan memberdayakan masyarakat sekitar.
Saat ini, ToRi Coffee mempekerjakan 21 orang, termasuk mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Selain itu, mereka juga aktif melakukan pendampingan terhadap petani kopi lokal dan memberikan edukasi kepada anak-anak petani sebagai bentuk regenerasi, memastikan kopi Toraja tetap hidup lintas generasi.
Dalam perkembangan usahanya, ToRi Coffee tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga membuka peluang untuk memperkenalkan kopi Toraja ke pasar internasional. Produk mereka kini tersedia di berbagai toko oleh-oleh di Toraja dan beberapa provinsi di Indonesia.
BACA JUGA:BRI Salurkan KUR Rp69,8 Triliun untuk Dukung UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional
BACA JUGA:BRI Menduduki Peringkat Teratas dalam Fortune Southeast Asia 500 2025
Di pasar global, mereka sudah menjangkau konsumen di Australia, Prancis, Jepang, dan Belanda, meskipun dalam skala terbatas.
“Untuk luar negeri, biasanya pemesanan dilakukan untuk menu khusus di coffee shop atau konsumsi pribadi, dengan minimal pembelian lima kilogram dan continue,” jelas Citra.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: