Cara PT Andara Cantika Indonesia Menembus Pasar Global dengan Dukungan BRI

PT Andara Cantika Indonesia, produsen parfum asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang berhasil menembus pasar internasional berkat kolaborasi yang solid dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).--
Dalam hal ini, PT Andara Cantika Indonesia menjadi salah satu contoh sukses yang berhasil memanfaatkan peluang tersebut.
Fanny Lia Sutanto, pendiri PT Andara Cantika Indonesia, adalah sosok di balik kesuksesan bisnis parfum ini. Kecintaannya terhadap dunia wewangian membawanya untuk melanjutkan studi di Grasse Institute of Perfumery, Prancis, yang dikenal sebagai pusat industri parfum dunia.
BACA JUGA:Arus Balik Lebaran 2025 Dimulai, BRI Dirikan Posko Mudik BUMN untuk Dukung Kelancaran Pemudik
BACA JUGA:Unici Songket Silungkang: Kain Tradisional Sumbar yang Mendunia Berkat Program UMKM BRI
Pengetahuan yang diperolehnya di sana kemudian dituangkan dalam tesis magister di Universitas Ciputra, Surabaya, yang menjadi cikal bakal berdirinya Andara Cantika Indonesia pada tahun 2022.
Selain latar belakang pendidikan di bidang perfumeri, Fanny juga memiliki pengetahuan dalam bidang estetika dan kosmetik, yang diperolehnya dari Comité International d'Esthétique et de Cosmétologie (CIDESCO) di Swiss.
Berbekal ilmu dan pengalaman yang dimilikinya, ia mendirikan PT Andara Cantika Indonesia dengan visi untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi berbasis bahan alami.
Keputusan ini terbukti tepat, karena Andara Cantika Indonesia kini telah dikenal sebagai produsen parfum dan produk kecantikan dengan kualitas yang diakui, baik di pasar lokal maupun internasional.
BACA JUGA:Top UMKM 2025! Habbie Binaan BRI Catat Omset Fantastis dan Raih Rekor MURI
BACA JUGA:BRI Raih Penghargaan Bergengsi di The Asset Triple A Awards for Sustainable Finance 2025
Meski baru berusia tiga tahun, Andara Cantika Indonesia telah mencatatkan pencapaian yang sangat impresif. Dengan omzet bulanan yang stabil di angka Rp300 juta dan penjualan mencapai 37 ribu unit di pasar lokal, perusahaan ini berhasil membuktikan bahwa produk wewangian dan kecantikan asal Indonesia dapat diterima di pasar internasional.
Tak hanya itu, produk-produk Andara juga telah mengantongi sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) Golongan A serta izin ekspor ke berbagai negara.
Perusahaan ini tidak hanya berfokus pada produk parfum, namun juga merambah ke sektor skincare. Setelah sukses dengan serum Le Louvre, Andara Cantika Indonesia meluncurkan produk baru berbasis sarang walet.
Inovasi ini dikembangkan selama enam bulan dengan bantuan tiga apoteker, menghasilkan produk yang mengombinasikan ekstrak sarang walet, DNA salmon, niacinamide, tranexamic acid, serta bahan alami seperti chamomile, ginseng, dan aloe vera.
BACA JUGA:BRI Imbau Nasabah Waspadai Potensi Penipuan dan Kejahatan Siber Selama Libur Idulfitri 1446 H
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: