Dukung Pengembangan UMK di Sekitar JTTS, Hutama Karya Berdayakan Pengrajin Tembaga & Perak di Ogan Ilir

Dukung Pengembangan UMK di Sekitar JTTS, Hutama Karya Berdayakan Pengrajin Tembaga & Perak di Ogan Ilir

Para pengrajin tembaga dan perak di Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, merupakan binaan dari PT Hutama Karya (Persero). --

Dukung Pengembangan UMK di Sekitar JTTS, Hutama Karya Berdayakan Pengrajin Tembaga & Perak di Ogan Ilir 

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - PT Hutama Karya (Persero) berkomitmen untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil (UMK) di sekitar Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Pengembangan ini melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Kreatif, yakni, dengan memberikan dukungan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB). 

Kali ini, HK Peduli Kreatif memberikan bantuan kepada KUB Usang Sungging asal Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. KUB ini bergerak di bidang kerajinan tembaga dan perak.

KUB Usang Sungging yang didirikan pada tahun 2023 ini, merupakan salah satu inisiatif Hutama Karya untuk mewadahi para pengrajin dengan keterampilan sejenis.

BACA JUGA:Tol Terpeka Bakal Dijual Tahun Depan, Hutama Karya Siapkan Sejumlah Strategi untuk Jaga Trafik

BACA JUGA:Program TJSL Hutama Karya, Salurkan Rp 5,42 Miliar di Semester 1 Tahun 2024

Serta dapat bekerja secara kolektif dalam menjalin kemitraan dan mengembangkan usaha bersama. 

Awalnya, kegiatan usaha ini berfokus pada kerajinan aluminium, yang menjadi keterampilan turun temurun masyarakat setempat dan dijalankan secara perorangan. 

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan pasar, bahan baku aluminium mulai digantikan dengan tembaga yang memiliki teknik pembuatan serupa namun bernilai jual lebih tinggi.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan, bahwa dukungan Hutama Karya kepada KUB Usang Sungging mencakup modal usaha dan bahan baku. 

BACA JUGA:Laba Fantastis Hutama Karya Pada Semester I 2024, Pertumbuhan 10 Kali Lipat Berkat Jalan dan Jembatan

BACA JUGA:PMN Dukung Keberlanjutan Proyek JTTS, Hutama Karya Optimis Perkuat Konektivitas & Perekonomian di Sumatera

Kemudian, pembentukan Koperasi Usaha, pengadaan peralatan produksi, maupun memberikan akses pasar yang lebih luas dengan mengikutsertakannya dalam berbagai ajang pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: