Prakiraan Cuaca Hari Ini:Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang di Sumatera Selatan

Prakiraan Cuaca Hari Ini:Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang di Sumatera Selatan

Prakiraan Cuaca Hari Ini:Waspada Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang di Sumatera Selatan--

Pukul 17:00 WIB: Cuaca berawan, suhu tetap di angka 27°C, kelembapan naik menjadi 86%, angin bertiup dari Tenggara dengan kecepatan 5 km/jam.

Pukul 18:00 WIB: Cuaca berawan, suhu menurun menjadi 25°C, kelembapan meningkat menjadi 95%, angin bergeser dari arah Selatan dengan kecepatan 4 km/jam.

Pukul 19:00 WIB: Cuaca berawan dengan suhu 25°C, kelembapan 96%, dan angin tetap dari arah Selatan dengan kecepatan 4 km/jam.

Pukul 20:00 WIB: Cuaca berawan, suhu 25°C, kelembapan 97%, angin tetap dari arah Selatan dengan kecepatan 4 km/jam.

Pukul 21:00 WIB: Cuaca berawan dengan suhu 25°C, kelembapan sedikit turun menjadi 95%, angin berubah dari arah Barat Laut dengan kecepatan 2 km/jam.

Pukul 22:00 WIB: Cuaca cerah berawan dengan suhu tetap di 25°C, kelembapan naik menjadi 97%, angin tetap bertiup dari Barat Laut dengan kecepatan 2 km/jam.

Pukul 23:00 WIB: Cuaca kembali berawan, suhu tetap 25°C, kelembapan 97%, dan angin bertiup dari Barat Laut dengan kecepatan 2 km/jam.

Saran BMKG dan Kesiapan Masyarakat

BMKG juga mengingatkan masyarakat di wilayah Sumatera Selatan untuk tetap siaga.

Hal inin mengingat potensi cuaca ekstrem dapat menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari.

 Khususnya bagi pengendara kendaraan bermotor, disarankan untuk berhati-hati saat berkendara di tengah hujan lebat yang dapat mengurangi jarak pandang. 

Selain itu, hujan deras yang disertai petir juga berpotensi menyebabkan pohon tumbang, sehingga masyarakat diimbau untuk tidak berlindung di bawah pohon saat cuaca buruk berlangsung.

Bagi petani dan masyarakat yang tinggal di daerah pertanian, BMKG menyarankan untuk mempersiapkan lahan dan tanaman agar tidak rusak akibat cuaca ekstrem ini. 

Aliran air irigasi juga harus diperhatikan, untuk menghindari kerusakan lahan pertanian akibat banjir lokal.

Cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten Ogan Ilir, menuntut kewaspadaan tinggi dari masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: