Dugaan Sebar Konten Hoaks, Pakar Hukum Pidana Sebut dr Richard Lee Bisa Terancam Pidana UU ITE

Dugaan Sebar Konten Hoaks, Pakar Hukum Pidana Sebut dr Richard Lee Bisa Terancam Pidana UU ITE

Dugaan Sebar Konten Hoaks, Pakar Hukum Pidana: dr Richard Lee Bisa Terancam Pidana UU ITE--

SUMEKS.CO - Kasus dugaan konten hoaks pencurian di klinik kecantikan Athena cabang Kota Padang beberapa waktu lalu berbuntut panjang, pemilik klinik Athena dr. Richard Lee terancam dapat dipidanakan.

Hal itu ditegaskan oleh seorang pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Fajar, yang ikut menyoroti kasus dugaan penyebaran konten hoaks tentang pencurian klinik kecantikan Athena di Padang.

Bahkan, dihimpun dari berbagai sumber informasi Selasa 24 September 2024 Fickar mendesak pihak kepolisian dalam hal ini Polrestabes Padang segera memproses hukum dr. Richard Lee.

"Polresta Padang harus usut tuntas kasus ini," kata Fickar dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Dokter Richard Lee Tegaskan Klinik ‘Maut’ Tempat Selebgram Sedot Lemak Meninggal Ternyata Layanan Pratama

BACA JUGA:Dr Richard Lee Kemalingan di Klinik Athena Padang, Umumkan Sayembara untuk Pelaku Pencurian

Sebagai ahli, ia menjelaskan bahwa dr. Richard Lee dapat dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) jika terbukti bahwa konten pencurian tersebut adalah kabar bohong alias hoaks.

Konten tersebut itupun, kata Fickar telah disebarluaskan melalui berbagai platform media sosial (medsos), dan jika perbuatannya dilakukan secara online sangat memungkinkan untuk dikenakan UU ITE.


--

Fickar juga mengajak masyarakat, untuk melakukan upaya hukum Praperadilan guna memastikan kasus ini tidak berhenti begitu saja.

"Korban atau siapa saja yang peduli dengan kasus ini bisa melakukan upaya hukum praperadilan agar kasusnya tidak di-SP3-kan atau dihentikan. Di hadapan hukum, semua orang memiliki kedudukan yang sama," tegasnya.

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) juga mendesak Polresta Padang untuk memproses hukum dr. Richard Lee dan dr. Fifi terkait dugaan memerintahkan pencurian di Klinik Athena.

Kasus ini ramai diperbincangkan di media setelah dr. Richard Lee, yang juga seorang influencer, memviralkan aksi pencurian di kliniknya.

BACA JUGA:Dr Richard Lee Kemalingan di Klinik Athena Padang, Umumkan Sayembara untuk Pelaku Pencurian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: