Ruas Tol Kutepat, Sambungkan Sumatera Utara ke Gerbang Pariwisata Danau Toba

Ruas Tol Kutepat, Sambungkan Sumatera Utara ke Gerbang Pariwisata Danau Toba

Ruas Tol Kutepat, Akselerasi Konektivitas untuk Mendorong Pariwisata Danau Toba--

Ruas Tol Kutepat memiliki panjang total 143,25 km yang terdiri dari enam seksi. Saat ini, yang telah beroperasi adalah Ruas Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 28,3 km.

 Fasilitas pendukung di ruas ini cukup lengkap, mencakup dua gerbang tol, tiga simpang susun, 17 jembatan, serta tiga overpass yang menjamin kelancaran arus kendaraan. 

Selain itu, Gerbang Tol Tebing Tinggi juga menampilkan ornamen khas budaya Melayu, dengan desain Bidai Bertingkat 3 yang bermotif Pucuk Rabung dan lebah bergayut sebagai simbol ikonik Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Desain jalan tol yang dilengkapi dengan dua lajur pada masing-masing jalur, dengan lebar jalur 3,5 meter, memungkinkan kecepatan rencana hingga 80 km/jam.

 Hal ini secara signifikan mengurangi waktu tempuh perjalanan dari Tebing Tinggi menuju Indrapura, dari sebelumnya memakan waktu satu jam menjadi hanya 25 menit.

Dampak Positif bagi Masyarakat dan Pariwisata

Dengan beroperasinya Ruas Tol Kutepat, diharapkan konektivitas antara wilayah-wilayah di Sumatera Utara semakin meningkat, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap perekonomian dan pariwisata.

 Aries menegaskan bahwa kehadiran tol ini bukan hanya bertujuan untuk memperlancar arus kendaraan, tetapi juga memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Ditarget Rampung Tahun Depan, Hutama Karya Kerjakan 2 Junction di Jalan Tol Trans Sumatera

BACA JUGA:Tol Betung-Jambi Bakal Tambah Panjang, dari 21,8 km Menjadi 23,3 Km, Tapi Lebih Hemat Rp2,6 Miliar Kok Bisa?

Salah satu dampak yang diharapkan adalah peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, yang merupakan salah satu destinasi unggulan Indonesia.

 "Dengan akses yang semakin mudah dan cepat menuju Danau Toba, kami optimis akan ada lonjakan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini tentu akan memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi lokal," kata Aries.

Selain itu, kehadiran tol ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat lokal untuk terlibat dalam berbagai kegiatan ekonomi.

Seperti usaha kecil dan menengah (UKM) yang dapat memanfaatkan meningkatnya mobilitas masyarakat di sekitar ruas tol.

Kenaikan Trafik Selama Peringatan Maulid Nabi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: