Pelantikan Anggota DPRD OKI, Pj Bupati Tekankan Kepentingan Publik dan Suksesi Pilkada Serentak

Pelantikan Anggota DPRD OKI, Pj Bupati Tekankan Kepentingan Publik dan Suksesi Pilkada Serentak

Pelantikan Anggota DPRD OKI, Pj Bupati tekankan kepentingan publik dan suksesi Pilkada serentak. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang terpilih pada Pemilu Serentak Tahun 2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya. 

Yakni dalam acara Rapat Paripurna Masa Persidangan Pertama Tahun Sidang 2024-2025. Prosesi pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKI. Rabu, 18 September 2024.

Dalam sambutannya Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi menekankan bahwa pemilihan anggota DPRD melaui pencalonannya Partai Politik, tentu memiliki perbedaan dengan pemilihan Kepala Daerah yang dimungkinkan calonnya maju dari jalur perseorangan.

Kondisi ini, jelas Asmar menciptakan kondisi dimana anggota DPRD memiliki ikatan yang sangat kuat, sebagai perpanjangan tangan dari Partai Politik.

BACA JUGA:Resmi Jabat Anggota DPRD Ogan Ilir Periode 2024-2029, Rico Putra Wibowo Siap Emban Amanat Masyarakat

BACA JUGA:Tak Terpilih Lagi, Husnul Anam Gentleman Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Ogan Ilir Periode 2024-2029

“Namun demikian, yang perlu digaris bawahi, bahwa sebesar apapun kepentingan Partai Politik asal saudara, hendaknya tempatkanlah kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan," jelasnya. 

Yakni dalam menjalankan tugas, anggota dewan diawasi oleh penegak hukum, serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP, dan sebagainya. 

Asmar juga mengingatkan bahwa DPRD merupakan mitra kepala daerah dalam mengefektifkan pemerintahan agar ada kesinambungan antar lembaga.

“Pola kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah bersifat check and balance, untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah sehingga tercipta kesinambungan pemerintahan daerah,” terangnya.

BACA JUGA:Ribuan Warga Diprediksi Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Ogan Ilir Terpilih Periode 2024-2029

BACA JUGA:40 Anggota DPRD Ogan Ilir Terpilih Periode 2024-2029 Dilantik 18 September 2024, Ini Dia Nama-Namanya!

Hal disampaikan Asmar adalah membacakan sambutan Mendagri Tito Karnivian.

Dalam kesempatan tersebut, Asmar juga mengapresiasi hasil pemilu 2024 yang berjalan lancar beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: