BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Pemkab OKI Canangkan Program Desa Cantik

BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Pemkab OKI Canangkan Program Desa Cantik

Pencanangan Desa Cantik, dorong Desa susun kebijakan tepat sasaran. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan data statistik di tingkat desa, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir meluncurkan program strategis bertajuk "Desa Cinta Statistik" atau yang lebih dikenal sebagai Desa Cantik.

Program ini secara resmi dicanangkan pada hari Senin 2 September 2024, bertempat di Kantor Bupati OKI.

Program Desa Cantik ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat kemampuan desa dalam mengelola data statistik yang akurat dan valid.

Dengan data yang dikelola secara baik, perencanaan pembangunan di desa diharapkan dapat dilakukan dengan lebih tepat sasaran dan berdaya guna, serta mampu memberikan solusi yang lebih efektif terhadap berbagai permasalahan di tingkat desa.

BACA JUGA:Driver Ojol Linglung dan Badan Penuh Luka Saat Pulang ke Rumah, Diduga Jadi Korban Begal

BACA JUGA:Berhasil Koleksi 5 Medali, Provinsi Sumsel Bertengger di 7 Besar Klasemen Sementara PON XXI Aceh-Sumut

Penjabat (Pj) Bupati OKI, Ir. Asmar Wijaya, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran data dalam proses perencanaan pembangunan.

"Data yang akurat dan valid sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan. Dengan adanya Desa Cantik, diharapkan setiap desa memiliki sumber data yang dapat diandalkan," ujar Asmar Wijaya.

Menurutnya, pengelolaan data yang baik tidak hanya membantu dalam perencanaan yang lebih akurat, tetapi juga mampu mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada di desa dengan lebih tepat.

Lebih lanjut, Pj Bupati OKI menekankan bahwa dengan adanya program Desa Cantik, desa-desa di Kabupaten OKI diharapkan bisa menjadi ujung tombak pembangunan.

BACA JUGA:Hasil Forensik: 1 Peluru Tembus Pipi ke Kepala Belakang Tewaskan Nunung di Ruko Kosong Kalidoni

BACA JUGA:Indra Bruggman Menambah Deretan Artis yang Oplas di Korea, Ini Penampilan Terbaru!

"Dengan pengelolaan data yang baik, setiap desa akan mampu mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada secara lebih tepat, sehingga solusi yang diberikan dapat lebih efektif. Saya berharap, desa-desa di Kabupaten OKI dapat menjadi ujung tombak pembangunan sekaligus meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di desa," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten OKI, Anugrahani Prasetyowati, S.S.T., M.Si, juga menyatakan komitmennya untuk terus mendampingi dan memberikan pelatihan kepada perangkat desa dalam mengelola data statistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: