3 Hari Karhutla di Pangkalan Lampam OKI, Petugas Masih Lakukan Pendinginan

3 Hari Karhutla di Pangkalan Lampam OKI, Petugas Masih Lakukan Pendinginan

Karhutla di Perigi Pangkalan Lampam OKI 3 hari terbakar, hari ini petugas lakukan pendinginan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sudah sering terjadi. Dimana memang Agustus merupakan puncak musim kemarau. 

Akibatnya dari puncak kemarau sejumlah lahan menjadi kering sehingga berpotensi terbakar. Terutama lahan gambut yang memang rawan terjadi Karhutla di musim kemarau.

Seperti di lahan gambut di Desa Perigi, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten OKI, terjadi Karhutla. Tak tanggung-tanggung karhutla di lokasi lahan gambut tersebut sudah terjadi 3 hari belakangan ini. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI, Listiadi Martin melalui Plt Sekretaris, Nova Triyussanto mengatakan, untuk karhutla di Desa Perigi ini sudah terjadi 3 hari dan hari ini, Jumat 30 Agustus 2024 sudah dilakukan pendinginan.

BACA JUGA:Satgas Karhutla Berjibaku Padamkan Api yang Membumbung Tinggi di Desa Purnajaya Ogan Ilir

BACA JUGA:Kali Pertama Sejak Beberapa Tahun Lalu, PN Palembang Serius Garap Gugatan Terkait Karhutla HTI di Sumsel

"Karhutla di Desa Perigi ini cukup luas yaitu mencapai kurang lebih 2 hektar. Maka oleh karena itu sudah 3 hari terbakar. Dan hari ini bisa dilakukan pendinginan," jelas Nova, kepada SUMEKS.CO, Jumat 30 Agustus 2024.

Diungkapkan Nova, peristiwa karhutla yang terjadi di Desa Perigi ini adalah milik masyarakat. Karena lahan gambut sehingga terus meluas. Meskipun dari hari pertama karhutla sudah dilakukan pemadaman. 

"Dari hari pertama terjadi karhutla langsung dipadamkan oleh petugas gabungan. Sehingga hari ini bisa dilakukan pendinginan. Dan berharap api sudah benar-benar padam," terang Nova. 

Nova menegaskan, petugas gabungan yang terdiri dari dinas BPBD, polisi, TNI juga Manggala agni serta masyarakat peduli api sejak awal melakukan pemadaman agar tidak bertambah parah. 

BACA JUGA:Konsen Terhadap Dampak Karhutla, Waka PN Palembang Bakal Pimpin Sidang Gugatan Terhadap 3 Perusahaan HTI

BACA JUGA:PT TeL Ajak Siswa SDN 15 Rambang Niru Peduli Lingkungan, Edukasi Pemilahan Sampah dan Pencegahan Karhutla

"Lokasi gambut yang terbakar ini berisikan anak gelma dan belidang. Kemarin itu berhasil dipadamkan 0,5 hektar. Dimana memang lahan gambut kalau sudah terbakar sulit dipadamkan karena apinya masih ada di dalam," bebernya.

Masih kata Nova, dengan sekuat tenaga petugas gabungan memadamkan api di lokasi gambut Desa Perigi sehingga berhasil padam. Sehingga hari ini dilakukan pendinginan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: