Pj Bupati Henky Tegaskan: Camat dan Lurah Harus Netral, Meski Mantan Pimpinan Jadi Kandidat

Pj Bupati Henky Tegaskan: Camat dan Lurah Harus Netral, Meski Mantan Pimpinan Jadi Kandidat

DEKLARASI : Deklarasi Netralitas ASN di Lingkungan Pemkab Muara Enim, di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, H Henky Putrawan, memberikan arahan tegas kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Muara Enim untuk menjaga netralitasnya.

Peringatan ini disampaikan Henky saat membuka Sosialisasi dan Deklarasi Netralitas ASN yang berlangsung di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Netralitas ASN menjadi salah satu perhatian utama Henky Putrawan dalam menyambut Pilkada Serentak 2024. Dalam sambutannya, Henky menegaskan bahwa meskipun ada hubungan personal antara ASN dengan kandidat tertentu, baik itu mantan pimpinan atau teman, netralitas harus tetap dijaga.

"Kita jaga netralitas, walaupun itu (Penjabat Sebelumnya, red) dulu bekas pimpinan kita atau teman kita," tegasnya.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Berkomitmen Pertahankan Makanan Hygienis dan Halal Bagi WBP

BACA JUGA:Bobol Rumah Kosong di Banyuasin Dapat Uang Rp5 Juta Dalam Lemari, Hasil Curian untuk Beli Tanaman Bonsai

ASN di lingkungan Pemkab Muara Enim, yang berjumlah sekitar 8.000 orang, memiliki pengaruh signifikan dalam Pilkada mendatang.

Henky mengibaratkan camat dan lurah, sebagai pimpinan di wilayah masing-masing, sebagai 'raja-raja kecil' yang memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas politik lokal.

"Selama ini memang ASN ini, khususnya pengaruh dari pak camat dan lurah ini sangat besar, sehingga di sinilah kita memohon netralitas," ujarnya.

Henky Putrawan menekankan bahwa netralitas ASN adalah bagian dari menjaga integritas dan profesionalisme mereka sebagai pelaksana tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Petugas Damkar Sempat Kesulitan Air, Rumah dan Toko di Banyuasin Ludes Terbakar

BACA JUGA:Sekda Edward Candra Mantapkan Persiapan Hari UMKM Nasional 2024 di Sumsel

ASN memiliki tanggung jawab untuk tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat mengganggu peran mereka sebagai abdi negara.

Dalam konteks ini, Henky mengingatkan, "ASN jangan sampai ikut terlibat dalam kegiatan politik yang bertentangan dengan peran sebagai abdi negara. Seluruh ASN di Kabupaten Muara Enim tidak menunjukkan keberpihakan pada politik praktis meskipun dalam kondisi situasi politik yang memanas."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: