Hari Peternakan Nasional, 100 Ekor Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

Hari Peternakan Nasional, 100 Ekor Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

Sadi Purwanto SP MSi. Foto : Niskiah/Sumeks.Co--

Diungkapkan Sadi, Kabupaten OKI melalui Disbunnak setiap tahun menerima vaksin rabies dari Provinsi. Kemudian langsung didistribusikan ke kecamatan-kecamatan yang banyak Hewan Penular Rabies (HPR). 

Di Kabupaten OKI ada beberapa kecamatan yang banyak HPR. Yakni seperti Kecamatan Tanjung Lubuk, Mesuji, Mesuji Raya, Mesuji Makmur, SP Padang dan Kayuagung. 

BACA JUGA:Kabupaten OKI Menunggu Vaksin Rabies, Didistribusikan ke Kecamatan Banyak Hewan Penular Rabies

BACA JUGA:Kejar Target Palembang Bebas Rabies 2024, Petugas Jemput Bola Jika Ada Pemilik 10 Hewan di Lokasi yang Sama

Masih kata dia, vaksin rabies biasanya datang di bulan April dari kementerian pertanian dirjen peternakan dan kesehatan hewan ke provinsi Sumsel baru ke Kabupaten/Kota. 

Adapun untuk dosisnya kalau tahun lalu Kabupaten OKI mendapatkan sebanyak 500 dosis vaksin rabies. Dimana setiap tahun selalu dapat. 

Mengenai alokasinya, sambung Sadi, sesuai dengan populasi hewan penular rabies. Vaksin rabies sendiri disuntikkan kepada hewan jenis anjing, kucing dan kera. 

"Hewan penular rabies ini disuntik vaksin oleh petugas medik dan paramedik veteriner di UPTD Puskeswan yang ada di Kabupaten OKI," terang Sadi. 

BACA JUGA:Kadin DPKP Klaim Capaian Vaksin Rabies Hewan di Palembang Mencapai 4.000 Lebih

BACA JUGA:DPKP Palembang Resmikan Inisiasi Palembang Bebas Rabies 2024

Masih kata Sadi, untuk jumlah populasi HPR di Kabupaten OKI terdata sebanyak 1.500 ekor tetapi kalau untuk hewan yang liarnya tidak terdata. Dimana 1 ampul dosis vaksin rabies 10 Ml bisa untuk 10 ekor hewan. 

Sadi menambahkan, adapun tujuan dari penyuntikan rabies untuk pengebalan agar tidak terjangkit virus rabies. Dimana bisa menularkan ke manusia melalui gigitan.

Masih kata Sadi, untuk vaksin rabies yang didapat disuntikkan ke hewan peliharaan masyarakat tersebar di 18 Kecamatan Kabupaten OKI. 

Adapun jenis peliharaan yang jadi target yaitu anjing kucing dan kera. Selain di GOR Biduk Kajang masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan anjing kucing maupun kera bisa membawanya ke puskeswan yang ada. 

BACA JUGA:Target Dinas Pertanian Prabumulih Sepanjang Tahun 2023, 2 Ribu Ekor Hewan Bakal Disuntik Vaksin Rabies

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: