Pesona Baamar Galung Pancar Matahari, Menteri AHY Tampil Memukau di Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Pesona Baamar Galung Pancar Matahari, Menteri AHY Tampil Memukau di Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Menteri AHY dan Annisa Pohan tampil anggun dalam balutan pakaian adat Baamar Galung Pancar Matahari asal Kalimantan Tengah, mempersembahkan penghormatan pada upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara.--

SUMEKS.CO -  Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan penuh semangat dan khidmat.

Upacara peringatan ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Lapangan Upacara Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu 17 Agustus 2024.

Sejumlah pejabat tinggi negara hadir dalam upacara ini, termasuk Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang turut mempersembahkan penghormatan kepada bendera Merah Putih.

Menteri AHY bersama Pembina IKAWATI ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono, tampil memukau dalam balutan pakaian adat Baamar Galung Pancar Matahari, sebuah busana tradisional yang berasal dari daerah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:Siap-Siap! Smartphone Vivo V40 Segera Hadir, Berikut Keunggulan yang Dimiliki

BACA JUGA:Hadist Rasulullah SAW Soal Tanda Kiamat Sudah Dekat Makin Tampak, Gempa Bumi dan Gunung Meletus Nyata Terjadi!

Pakaian adat ini dikenal memiliki keindahan yang memancarkan kemegahan, sering kali dipakai oleh pasangan pengantin dari Suku Banjar dalam upacara pernikahan.

Kehadiran Menteri AHY dan Annisa Pohan Yudhoyono dengan pakaian adat ini memberikan nuansa kearifan lokal yang kental pada upacara kenegaraan tersebut.

Baamar Galung Pancar Matahari memiliki ciri khas yang mencolok dengan penggunaan warna-warna yang cerah dan detail yang gemerlap, seakan bermandikan sinar matahari.

Pakaian ini mencerminkan kekayaan budaya Kalimantan Tengah, khususnya dari Suku Banjar, yang dipadukan dengan nilai-nilai kebangsaan yang tinggi.

BACA JUGA:Kapolda, Pangdam Sriwijaya dan Pj Gubernur Sumsel Tinjau Jembatan Lalan yang Roboh Dihantam Tongkang Batu Bara

BACA JUGA:Jokowi Reshuffle Kabinetnya Hari Ini? Menteri dari PDIP akan Digantikan Politikus dari Partai Gerindra

Menteri AHY tampil gagah dengan mengenakan hiasan kepala yang anggun, dilengkapi dengan jas tradisional, celana panjang, serta sarung pendek yang dikenakan sepanjang lutut.

Penampilan AHY tidak hanya menunjukkan penghargaan terhadap warisan budaya bangsa, tetapi juga menampilkan kerapian dan keagungan yang selaras dengan semangat kemerdekaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: