Fasilitas Pendukung Ibu Kota Nusantara Siap Sambut HUT RI ke-79, Trem Otonom Nusantara Jadi Primadona

Fasilitas Pendukung Ibu Kota Nusantara Siap Sambut HUT RI ke-79, Trem Otonom Nusantara Jadi Primadona

Ini rute Kereta Otonom China di IKN waktu tunggu hitungan detik. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Sebelum dioperasikan secara penuh, trem otonom ini akan melalui Fase Pengujian atau Fase Operasi Trem Otonom (POC) selama 60 hari, mulai dari 10 Agustus hingga 9 Oktober 2024.

Pengujian ini bertujuan untuk memastikan kelayakan operasi trem otonom di lingkungan IKN. Setelah fase POC ini selesai, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) bersama Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melakukan evaluasi.

BACA JUGA:Pria Berkaos Merah Terekam CCTV, Curi Tutup Panci dan Kerap Lempari Mobil Warga di Tangga Buntung

BACA JUGA:10 Handphone Samsung Jadul yang Layak Dikoleksi, Ada Apa Saja?

Lebih lanjut, mulai 10 Oktober hingga 31 Desember 2024, trem otonom ini akan dipamerkan kepada masyarakat umum melalui program showcase.

Selama masa showcase, masyarakat akan dapat menikmati trem otonom ini secara gratis, memberikan kesempatan bagi publik untuk merasakan langsung teknologi transportasi masa depan yang canggih dan ramah lingkungan.

"Kami optimis trem otonom ini akan beroperasi dengan baik di IKN dan menjadi percontohan bagi kota-kota lain di Indonesia dalam menerapkan transportasi massal modern yang cerdas dan ramah lingkungan," tegas Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, pada 13 Agustus 2024, Presiden Joko Widodo turut menjajal trem otonom ini di Ibu Kota Nusantara. Trem otonom yang dikirim langsung dari China oleh perusahaan raksasa kereta api China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) ini menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam menghadirkan moda transportasi yang ramah lingkungan di IKN Nusantarakita.

BACA JUGA:Gerebek Gudang Illegal Drilling, Unit Pidsus Sat Reskrim Polres Ogan Ilir Amankan 43 Baby Tangki BBM Ilegal

BACA JUGA:Review Hp Vivo Y20G Mengusung Tampilan Desain Menarik dan Kapasitas Baterai Tahan Lama

Presiden Joko Widodo menyampaikan, setelah menjajal trem otonom tersebut, bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk menghadirkan moda transportasi berbasis energi hijau di IKN Nusantarakita.

"Trem sudah bisa beroperasi dan siap digunakan pada peringatan Hari Kemerdekaan nanti," ungkapnya.

Lebih jauh, Presiden juga berharap bahwa moda transportasi seperti trem otonom ini dapat diadopsi oleh kota-kota lain di Indonesia.

"Semoga kota-kota lain di Indonesia juga mempertimbangkan transportasi massal ramah lingkungan seperti ini," harap Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:Nah Loh, Pelatih Striker Timnas Indonesia Dibuat Pusing 7 Keliling Saat Seleksi Pemain, Ada Apa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: