Dibantu Helikopter Water Bombing, Personel Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Lempuing Jaya OKI

Dibantu Helikopter Water Bombing, Personel Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Lempuing Jaya OKI

Karhutla di Sindang Sari 2 Lempuing Jaya OKI Personel berjibaku padamkan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yaitu di Desa Tanjung Sari 2, Kecamatan Lempuing Jaya

Karhutla yang terjadi ini adalah merupakan kebun milik masyarakat. Sehingga mengancam kebun karet produktif milik masyarakat lainnya. 

Atas karhutla itu, personel gabungan yang terdiri dari Polres OKI, TNI, BKO Polda Sumsel, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), pihak perusahaan dan masyarakat setempat, bersama-sama berjibaku melakukan pemadaman.

Peristiwa karhutla itu terjadi di Minggu, 12 Agustus 2024, sekira pukul 12.00 WIB hingga malam hari. Dikarenakan angin berhembus kencang sehingga api menjalar dan semakin membesar. 

BACA JUGA:Waspada, Kabut Asap Mulai Mengancam Kesehatan Akibat Karhutla, Indeks Kualitas Udara Naik Segini

BACA JUGA:Kepergok Buka Lahan dengan Cara Membakar, Pelaku Karhutla di Banyuasin Masuk Bui

Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk mengatakan, di lokasi kebakaran lahan tersebut adalah rawa bergambut dan memiliki kedalaman gambut sekitar 2 meter. Sehingga menjadi kendala utama dalam pemadaman. 

Juga jarak antara kanal air dengan lokasi kebakaran berjarak 200 meter dengan lebar hamparan lahan terbakar sekitar 1.500 meter sehingga sangat luas. 


Petugas memadamkan api karhutla di Desa Sindang Sari 2 Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten OKI.-Foto: dokumen/sumeks.co-

"Pemadaman pertama mengerahkan sebanyak 94 personel. Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan 10 unit selang pompa air," ujar Kapolres OKI, didampingi Kasi Humas, Iptu Hendi Yusrian, Rabu 14 Agustus 2024.

Diungkapkan Kapolres, pemadaman lahan yang terbakar ini tim menghadapi tantangan berat karena kebun karet tersebut berada di atas lahan rawa gambut dengan kedalaman gambut mencapai 2 meter.

BACA JUGA:15 Pelaku Tawuran di Tulung Selapan OKI Diamankan Personel BKO Karhutla, Petugas Temukan Airsoft Gun

BACA JUGA:Memasuki Musim Kemarau, Kawasan Rawan Karhutla di Muara Enim Capai 33 Hektar

"Jadi pemadaman kembali dilanjutkan hari kedua yaitu Senin, 12 Agustus 2024 hingga malam. Personel yang dilibatkan ditambah menjadi 187 personel," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: