Pakai Pawang Usir Hujan di IKN untuk Kebut Pembangunan dan HUT RI ke-79, Malah Dicibir Warganet

Pakai Pawang Usir Hujan di IKN untuk Kebut Pembangunan dan HUT RI ke-79, Malah Dicibir Warganet

Hujan yang turun satu bulan terakhir di IKN bikin pemerintah kalang kabut hingga datangkan pawang pengusir hujan dari Banyuwangi--

 

KALIMANTAN, SUMEKS.CO - Aksi seorang pawang hujan di lokasi pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) diduga demi kesiapan menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79, menuai sorotan publik.

Terekam video yang diunggah akun medsos Instagram Lintas Balikpapan, seorang pria diduga pawang hujan sedang beraksi melakukan gerakan dan mengucapkan mantera-mantera untuk menghalau hujan.

Dari informasi yang dihimpun, Sabtu 10 Agustus 2024 selain disinyalir untuk persiapan upacara HUT RI ke-79 pawang hujan itu juga untuk kelancaran pembangunan mega proyek IKN.

Sebab, dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini pembangunan IKN sedikit tersendat lantaran sering nya turun hujan di lokasi pembangunan sehingga menyulitkan pekerjaan.

BACA JUGA:Momentum Bersejarah! Meriahkan HUT RI ke-79, Paskibraka Mulai Berangkat ke IKN, Kibarkan Sang Saka Merah Putih

BACA JUGA:Terungkap! Filosofi Mendalam di Balik Desain Istana Garuda IKN yang Megah

Masih dari informasinya juga, pawang hujan di IKN Kalimantan Timur tersebut didatangkan langsung dari Banyuwangi diketahui bernama lengkap KRT Ilham Triadi Nagoro.

Disebutkan, berbekal seribu batang dupa dan tiga buah keris KRT Ilham Triadi Nagoro disebut-sebut ampuh menghalau hujan yang turun sejak didatangkan dari Banyuwangi.


--

Di Banyuwangi, pawang hujan IKN KRT Ilham Triadi Nagoro dikenal sebagai sosok penjaga dan perawat pusaka Keratonan Solo sekaligus kurator pusaka pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi.

Dan selama di IKN Kalimantan Timur, Ilham ditugaskan selama 22 hari oleh menteri PUPR Basuki Hadimuljono guna membantu untuk mengusir dan mengkondisikan hujan agar pembangunan IKN tidak terhambat oleh faktor cuaca serta sesuai target pembangunan.

BACA JUGA:Pemerintah Bentuk Satgas untuk Tingkatkan Layanan Investasi di IKN

BACA JUGA:Pasca Disebut Markas Batman, Kini Muncul Penampakan Desain Awal Istana Presiden di IKN, Realita Selalu Beda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: