Ketinggian Air Lahan Gambut Masih Normal, Namun Kerawanan Karhutla Tetap Tinggi

Ketinggian Air Lahan Gambut Masih Normal, Namun Kerawanan Karhutla Tetap Tinggi

Ketinggian air lahan gambut masih normal, kerawanan karhutla tetap terjadi. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Memasuki musim kemarau yang terjadi saat ini sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Apalagi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas yang banyak terdiri lahan gambut. Dimana lahan gambut sangat rawan terbakar di musim kemarau. 

Sejumlah lahan gambut di Kabupaten OKI tersebar di beberapa kecamatan. Rupanya untuk saat ini kondisi lahan gambut di Kabupaten OKI ketinggian airnya masih normal

"Kondisi lahan gambut untuk ketinggian airnya masih normal. Jadi keadaan gambut masih basah meskipun hujan sudah jarang turun belakangan ini," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI, Listiadi Martin. 

BACA JUGA:Kendarai Motor, Kapolda Sumsel Datangi Wilayah Rawan Karhutla di Tulung Selapan OKI

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Tinjau Kesiapan Peralatan Karhutla di Tulung Selapan OKI

Dijelaskan, lahan gambut apabila hujan jarang turun akan menjadi kering. Di musim kemarau lahan gambut bertambah kering dan cadangan airnya akan berkurang. Maka oleh karena itu, apabila lahan gambut sudah kering akan mudah terbakar. 

Listiadi mengatakan, lahan gambut dan lahan mineral lainnya yang rawan terbakar di musim kemarau banyak terdapat di Kecamatan Cengal, Tulung Selapan, Pedamaran, Pedamaran Timur, Pangkalan Lampam, Pampangan dan sebagian di kecamatan lainnya. 

"Lahan gambut setiap musim kemarau pasti terbakar. Maka oleh karena itu setiap musim kemarau dilakukan antisipasi nya dan dilakukan pencegahan," terang Listiadi, kepada SUMEKS.CO, Senin 5 Agustus 2024.

Masih dikatakan Listiadi, dalam pencegahan dan antisipasi karhutla pemerintah Kabupaten OKI bersama dengan Provinsi Sumsel telah membuat sejumlah posko terpadu karhutla di Kabupaten OKI. 

BACA JUGA:Personel BKO Mitigasi Karhutla di Jejawi OKI Mulai Patroli

BACA JUGA:Perkuat Kewilayahan, Kapolda Sumsel Berangkatkan 170 Personel ke 17 Lokasi Rawan Karhutla

Yaitu terdapat di beberapa titik yang memang rawan terjadi karhutla di musim kemarau. Posko terpadu karhutla itu ada di 3 titik yang tersebar. 

Dalam menghadapi musim kemarau tahun ini Satgas Dal Karhutla mendirikan tiga posko terpadu karhutla. Terletak di Jalan Lintas Sepucuk dekat PT Rambang Agro Jaya, Kecamatan Pedamaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: