Detik-Detik Kemerdekaan, Pembangunan Bandara VVIP Digaspol!

Detik-Detik Kemerdekaan, Pembangunan Bandara VVIP Digaspol!

Bandara VVIP di IKN Agustus siap digunakan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Diungkapkan Adita, Kemenhub sedang mempersiapkan rencana cadangan jika ternyata pembangunan Bandara VVIP IKN ini tidak sesuai target dan tidak dapat dioperasikan fungsional untuk mendukung upacara kemerdekaan perdana di IKN.

Lebih lanjut dikatakannya, namun mengenai rencana cadangan tersebut, untuk saat ini pihaknya tengah memastikan progres proyek ini dan perkiraan statusnya di awal dan pertengahan Agustus nanti. 

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN, Gerbang Baru Penerbangan di Ibu Kota Nusantara Siap Beroperasi Agustus

BACA JUGA:Di Balik Malam Sejuk IKN, Ini Cerita Menhub yang Tinggal di Ibu Kota Negara

"Kami tentu mempersipkan berbagai rencana jika bandara IKN belum dapat fungsional sesuai target akibat kondisi cuaca," ujarnya. 

Untuk diketahui, sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pembangunan Bandara VVIP di IKN terkendala oleh curah hujan di Kalimantan Timur yang cukup tinggi.

"Pengerjaan bandara VVIP ini memang harus diakui bahwa hari-hari di sana itu hujan terus. Bulan lalu itu satu bulan ada 8 hari saja yang bisa beroperasi," tegasnya. 

Menhub telah mengerahkan empat unit pesawat untuk melakukan modifikasi cuaca agar cuaca di IKN lebih cerah sehingga pembangunan dapat dilakukan dengan jadwal dan cepat sehingga selesai tepat waktu sesuai target. 

BACA JUGA:Langkah Nyata Membangun IKN: Para Menteri Mulai Berkantor di Ibu Kota Baru!

BACA JUGA:Fasilitas Air Minum di IKN Siap Mengalir! Mewujudkan Mimpi Ibu Kota Baru yang Sehat dan Ramah Lingkungan

Diberitakan sebelumnya, dimana untuk Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur akan siap digunakan pada Agustus 2024.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Apapun untuk progres pembangunan Bandara VVIP Ibu kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur telah mencapai 60 persen.

"Jadi berarti untuk bbandara ini sudah bisa digunakan pada Agustus mendatang," ungkap Budi Karya Sumadi saat meresmikan peluncuran Biskita Trans Depok di Stasiun LRT Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu 14 Juli 2024.

Terkait hal itu, dikatakannya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam mempersiapkan autonomous rail transit (ART).

BACA JUGA:Semarak Kemerdekaan di Ibu Kota Baru, Istana Negara IKN Siap Digunakan untuk Upacara HUT RI ke-79

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: