Pemulangan Jamaah Haji Selesai, Jamaah Sakit Menunggu di Rumah Sakit Arab Saudi

Pemulangan Jamaah Haji Selesai, Jamaah Sakit Menunggu di Rumah Sakit Arab Saudi

Operasional pemulangan jamaah berakhir, masih ada jamaah dirawat di Saudi. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Pemulangan jamaah haji Indonesia untuk operasionalnya telah selesai di Senin 22 Juli 2024. Sehingga semua jamaah haji telah kembali ke tanah air. Hanya jamaah haji yang sakit masih berada di Arab Saudi

Dimana saat ini tercatat ada 45 jamaah yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi. 

Yaitu sebanyak 1 jamaah di rawat di Jeddah, 25 jamaah di Makkah, dan 19 jamaah dirawat pada beberapa rumah sakit di Madinah. Sehingga total masih 45 jamaah yang masih di rawat di rumah sakit.

Hal ini ditegaskan, Konsul Haji KJRI Jeddah yang juga Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, usai menggelar rapat di Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah, Rabu 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Aduh! Tahun Depan Ongkos Haji Naik Lagi, Siap-siap Berhemat

BACA JUGA:Operasional Pemulangan Haji Selesai: 213.568 Jemaah Telah Kembali, 62 Masih Dirawat di Saudi

Untuk diketahui operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M telah berakhir seiring dengan kepulangan kloter terakhir jamaah haji Indonesia pada 22 Juli 2024 di sejumlah debarkasi asrama haji. 

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mencatat ada masih ada 45 jamaah haji Indonesia yang di sejumlah rumah sakit Arab Saudi, baik di Makkah, Madinah, maupun Jeddah. 

PPIH Arab Saudi telah menyiapkan tim yang secara berkala akan memantau dan meng-update kondisi jamaah yang sakit. 

Dimana sebanyak 213.275 jamaah reguler diberangkatkan ke Arab Saudi pada operasional haji 1445 H/2024 M. Dari 213.320, hanya 45 kuota yang tidak terserap untuk berangkat ke Arab Saudi. 

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Sambut Kepulangan Jemaah Haji Ogan Ilir di Masjid Agung An-Nur Tanjung Senai

BACA JUGA:Kloter KJT-30 Tutup Fase Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2024, Masih Ada 62 Orang Dirawat di Arab Saudi

Setelah menjalani puncak haji, jamaah secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air sejak 22 Juni sampai 22 Juli 2024 dalam 553 kelompok terbang (kloter).

Selanjutnya, sampai hari terakhir, Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat ada 441 jamaah haji reguler yang wafat di Arab Saudi selama operasional haji 1445 H. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: