Polda Sumsel Miliki APD hingga Perlengkapan Canggih dengan Kekuatan Besar untuk Padamkan Api Karhutla

Polda Sumsel Miliki APD hingga Perlengkapan Canggih dengan Kekuatan Besar untuk Padamkan Api Karhutla

Polda Sumsel saat ini memiliki APD dan peralatan canggih untuk memadamkan api karhutla.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Peralatan dan perlengkapan personel Polda Sumatera Selatan (Sumsel) akan diterjunkan ke lapangan membantu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Inilah yaang menjadi salah satu fokus perhatian pimpinan Polda Sumsel Irjen Pol Albertus  Rachmad Wibowo.

Hal tersebut didasari pengalamannya di tahun lalu, personelnya kesulitan bertindak di lapangan karena tidak memiliki peralatan dan perlengkapan yang memadai.

“Kita baru saja menerima hibah berupa 5 unit pompa dan 2 di antaranya memiliki kemampuan untuk menyemprotkan air hingga sejauh 1.500 meter,” ujar Kapolda Sumsel saat melakukan mengecekan peralatan di lapangan Logistik Polda.

Kapolda mengatakan jumlah mesin pompa yang dimiliki Polda Sumsel saat ini berjumlah 34 unit, termasuk beberapa yang disiagakan di Polres-Polres.

BACA JUGA:Polda Sumsel Siap Bersinergi Lawan Karhutla, Kapolda Minta Warga Hentikan Kebiasaan Membakar Lahan

BACA JUGA:Upaya Mitigasi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 200 Personel untuk Dilatih Instruktur Manggala Agni

“Alhamdulillah kita sudah memiliki 34 unit mesin pompa air, yang terbaru ini ada 2 unit yang memiliki kekuatan lumayan besar, bisa menjangkau hingga jarak 1.500 meter atau 50 gulung selang,” urainya.

Di dampingi Wakapolda Brigjen M Zulkarnaen dan beberapa pejabat utama Polda, terlihat Kapolda memeriksa satu persatu peralatan pemadam api seperti 2 unit Watson Pump Kit MK-3 WTS, 3 unit Mini Sticker Pump MSTR-P GXH 50, 3 unit Suction House MK-150-8, 3 unit Foot Valve and Strainer KOC- BS1561, 3 unit Nozzle Combination UNI -1575 MI.


Kapolda Sumsel mengecek peralatan dan perlengkapan yang akan dipakai untuk memadamkan api karhutla.-Foto: dokumen/sumeks.co-

Lalu, 3 unit Hose Key B-2066, 3 unit Female FA-4 Qc, 10 unit Waterax Hose Weeping EX-187-IWP, 3 unit Wye Gated Connector, 2 unit Fuel Air Transport Tank With Qc FA-552Q, 2 unit Fuel Line12-401 B-NSC, 2 unit Nozzle Combination UNI-1575 MI, 2 unit Foot Valve and Strainer B-5258 dan 2 unit Suction Hose. 

Tidak hanya fokus pada peralatan saja, perlengkapan personel juga tak luput dari perhatiannya. 

BACA JUGA:Siaga Darurat Karhutla, Kapolda Sumsel Periksa Perlengkapan Peralatan Pemadam Api

BACA JUGA:Upaya Mitigasi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 200 Personel untuk Dilatih Instruktur Manggala Agni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: