Lindungi Masa Depan Anak-anak: Cegah Polio dengan Imunisasi!

Lindungi Masa Depan Anak-anak: Cegah Polio dengan Imunisasi!

Cegah polio anak-anak PAUD dan SD diberikan imunisasi Polio. Foto : Niskiah/Sumeks.Co--

Menurut dia, pemberian imunisasi kepada anak-anka secara masif perlu dilakukan melalui pekan imunisasi polio, dengan cakupan tinggi serta merata, guna berpeluang memutus transaksi kondisi virus polio.

“Jadi adanya kegiatan imunisasi polio berarti kita mencegah jangan sampai terjadi di Kabupaten OKI. Maka kita lakukan kegiatan imunisasi pada hari ini," bebernya. 

BACA JUGA:Cegah Penyakit Menular, 16 Sekolah Dasar Di Kabupaten OKI Imunisasi BIAS

BACA JUGA:Capaian Imunisasi Pada Bayi di Kota Palembang Belum Maksimal, Kok Bisa?

Lanjut dia, dengan adanya PIN imunisasi polio, mudah-mudahan anak anak menjadi anak yang sehat dan anak yang cerdas. 

Susmiati, menambahkan, kegiatan imunisasi ini juga memerlukan kerjasama dari semua pihak, baik itu dari pemerintah, tenaga kesehatan, maupun masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih sekali hari ini, banyak sekali terlibat di kegiatan ini terutama dari dari tim penggerak PKK, juga dari Kecamatan, ya artinya memang imunisasi ini tidak bisa hanya dilaksanakan oleh pemerintah semata, tetapi harus terlibat dari semua stakeholder yang ada," terangnya. 

Termasuk juga dari masyarakat, kemudian juga dari organisasi-organisasi, supaya mendorong untuk anak-anak dapat terimunisasi semua. 

BACA JUGA:Cegah Rubela-Campak Melalui Imunisasi

BACA JUGA:Tingkatkan Cakupan Imunisasi, Kemendikbudristek Dukung Imunisasi Anak Negeri

Masih kata kepala Puskesmas Celikah, untuk sasaran imunisasi polio tetes adalah anak berusia 0-7 tahun, atau 7 tahun 11 bulan 29 hari. 

“Pemberian imunisasi putaran pertama diberikan pada tanggal 23 Juli 2024 hari ini ya, sesuai hari ini pencanangan sampai dengan 29 Juli 2024, kemudian sweeping putaran pertama dimulai 30 juli sampai dengan 3 agustus 2024," jelasnya. 

Adapun sweeping ini artinya menghagai yang belum vaksin di putaran pertama. 

Untuk diketahui, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Dr Yudi Pramono menyampaikan, dengan adanya laporan kasus polio serta risiko penularan virus polio yang tinggi, Kemenkes kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga Juli 2024.

BACA JUGA:Anak Harus Diberikan Imunisasi Lengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: