Wanti-Wanti Hadapi Karhutla di Musim Kemarau, Kapolres Ogan Ilir Cek Kelayakan Peralatan

Wanti-Wanti Hadapi Karhutla di Musim Kemarau, Kapolres Ogan Ilir Cek Kelayakan Peralatan

Hari pertama menjabat Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo, mengecek kelayakan peralatan pemadam kebakaran hadapi Karhutla. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Satu hari menjabat sebagai Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo, melakukan pengecekan kelayakan peralatan pemadam kebakaran lahan. 

Kegiatan pengecekan kelayakan peralatan pemadam kebakaran lahan ini, dilakukan Kapolres Ogan Ilir didampingi Pejabat Utama Polres Ogan Ilir di Mapolres Ogan Ilir, Selasa, 16 Juli 2024.

Menurut Kapolres Ogan Ilir, kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Selain pengecekan peralatan, Kapolres Ogan Ilir juga memberikan arahan dan pengawasan kepada personel yang akan terjun ke lokasi titik api, pada saat terjadi Karhutla. 

"Untuk memadamkan kebakaran lahan, kita harus memastikan kendaraan pemadam kebakaran dan peralatan dalam kondisi baik dan siap pakai," tegasnya.

BACA JUGA:AKBP Bagus Suryo Wibowo Resmi Jabat Kapolres Ogan Ilir, 3 Isu Penting Ini Jadi Fokus Kerjanya Waktu Dekat

BACA JUGA:Jelang Berakhirnya Masa Jabatan, Kapolres Ogan Ilir Gelar Apel Perpisahan dengan Personel

Kapolres Ogan Ilir tidak menginginkan, nantinya setelah tiba di titik api, peralatan yang seharusnya dapat dioperasikan malah bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik. 

Pemeriksaan yang dilakukan Kapolres Ogan Ilir ini, meliputi kendaraan Armored Water Cannon (AWC), truk tangki, dan peralatan operasional kebakaran hutan dan lahan lainnya. 

Dalam pengecekan ini, Kapolres didampingi oleh Kabag Ops Polres Ogan Ilir, Kompol Kusyanto, Kasat Samapta, AKP Yanuardi, dan beberapa Kasat lainnya. 

Dari hasil pengecekan, diketahui bahwa peralatan pemadam kebakaran secara keseluruhan dalam kondisi baik dan siap digunakan, meskipun ada beberapa peralatan yang perlu diperbaiki dan diganti.

Kapolres juga memastikan kesiapan personel yang akan tergabung dalam Satgas Karhutla bersama instansi terkait lainnya seperti Manggala Agni, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, dan TNI. 

BACA JUGA:AKBP Bagus Suryo Wibowo Kapolres Ogan Ilir Pengganti AKBP Andi Baso Rahman, Pernah Gerebek Gudang BBM Ilegal

BACA JUGA:Kapolres Ogan Ilir Instruksikan Jajaran untuk Waspada Karhutla Jelang Musim Kemarau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: