Kanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Seluruh UPT Sumsel Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Melalui Penyusunan SAKIP

Kanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Seluruh UPT Sumsel Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Melalui Penyusunan SAKIP

Kanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Seluruh UPT Sumsel Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Melalui Penyusunan SAKIP.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan telah menggelar kegiatan Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Satuan Kerja Tahun 2024, Rabu 10 Juli 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 Unit Pelaksana Teknis yang berada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja dari setiap satuan kerja, serta memastikan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah berjalan efektif dan efisien sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti, selaku ketua panitia kegiatan, menyampaikan bahwa Pendampingan Penyusunan SAKIP ini dirangkaikan dengan Rapat Monev Capaian Kinerja Semester I Tahun 2024.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 hingga 12 Juli 2024, di Beston Hotel Palembang.

BACA JUGA:Live, Final Four Putaran 2 Proliga 2024 Dimulai Hari Ini di GOR Jatidiri Semarang, Palembang Bank Sumsel v BIN

BACA JUGA:Pilihan HP Gaming Anti Lemot Ditopang Chipset MediaTek Helio G99, Harga Bersaing!

“Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam menyusun dan menerapkan SAKIP pada satuan kerja, serta untuk memonitor dan mengevaluasi sejauh mana Capaian Kinerja Semester I Satuan Kerja Tahun 2024, sehingga dapat diketahui hambatan dan kendalanya,” jelas Kadivmin, Rahmi Widhiyanti.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Inspektur Wilayah V, Pria Wibawa. Dalam arahannya, beliau menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait implementasi SAKIP, antara lain pentingnya konsistensi dalam penyusunan laporan, keterlibatan aktif seluruh pegawai dalam proses akuntabilitas, serta perlunya evaluasi berkala untuk memastikan efektivitas dan efisiensi kinerja setiap satuan kerja.

“Dalam penyusunan SAKIP, khususnya pada perencanaan kinerja, perlu dilakukan dengan prinsip/kriteria SMART. Lalu upayakan capaian target kinerja sesuai dengan yang telah ditetapkan," tegas Pria Wibawa.

Pria Wibawa juga berpesan agar satuan kerja senantiasa melakukan pemantauan terhadap capaian kinerja secara berkala dan menetapkan strategi serta kebijakan dalam mencapai target yang belum atau masih perlu ditingkatkan.

BACA JUGA:Polisi Akan Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Pegawai Koperasi yang Dibunuh dan Dicor Semen

BACA JUGA:Wow! Pemprov Sumsel Borong 2 Penghargaan Sekaligus Pada Ajang CNN Indonesia Awards 2024, Apa Saja?

“Kita juga perlu menyajikan Laporan Kinerja (LKjIP) secara memadai dan akuntabel. Terus tingkatkan kualitas evaluasi kinerja internal dengan melakukan monitoring secara berkala," pesan Pria Wibawa.

Setelah dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada satuan kerja dengan capaian kinerja terbaik untuk kategori hasil evaluasi SAKIP, pengelolaan keuangan, pengelolaan BMN, dan publikasi kinerja melalui media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: