Jamaah Haji Diimbau Tetap Jaga Kondisi Fisik Usai Ibadah di Armuzna

Jamaah Haji Diimbau Tetap Jaga Kondisi Fisik Usai Ibadah di Armuzna

Jamaah Haji diimbau tetap jaga kondisi fisik usai ibadah di Armuzna. --

“Jamaah saat berada di Madinah ini tinggal bersenang-senang (menikmati proses ibadah sesuai kemampuan fisik, -red), memulihkan kekuatan supaya nanti kembali ke tanah air itu dengan wajah yang lebih bugar," ungkapnya. 

Sambungnya, kalau bersenang-senang ternyata sakit itu berarti salah senang-senangnya. Artinya jangan memaksakan diri untuk hal-hal menjalani ibadah sunnah, tetapi mengabaikan kondisi kesehatan. 

BACA JUGA:Baru Kenal Online Sama Cowok Bule, Jangan Mau Langsung Diboyong ke Negaranya, Ini Alasannya?

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Bersinergi dengan Polri, Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Karmijono juga mengatakan faktor kelelahan memicu jamaah jatuh sakit. Karenanya, ia mengimbau jamaah untuk menyesuaikan aktivitasnya selama di Madinah.

“Ini masih lanjutan jamaah yang mengalami kelelahan setelah Armuzna. Kuncinya adalah kita harus menjaga jamaah agar jangan terlalu kelelahan. Aktivitasnya harus disesuaikan dengan kemampuan fisik masing-masing jamaah,” terang dia. 

Menurutnya, jamaah pada umumnya tidak mengaku dirinya merasa sakit. Jika ditanya, jawabnya selalu tidak merasa apa-apa. Padahal kondisinya mulai tidak ingin makan dan minum, misalnya.

“Jadi dengan kondisi demikian membuat tubuh semakin rentan dan harus segera dikonsultasikan ke petugas kesehatan," ucapnya. 

Jadi, andaikan diperlukan untuk dirujuk ke rumah sakit Saudi, tentu akan kita rujuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: