Wantannas RI Dampingi Pemkab OKI Susun Strategi Mitigasi Karhutla Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

 Wantannas RI Dampingi Pemkab OKI Susun Strategi Mitigasi Karhutla Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

kunjungan kerja Tim On The Spot (OTS) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI, Kamis 27 Juni 2024.-Foto: dok sumeksco-

Menyikapi potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di empat kecamatan rawan, yaitu Pampangan, Pangkalan Lampam, Cengal, dan Sungai Menang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI telah mengambil sejumlah langkah antisipasi.

Deputi Sistem Nasional Wantannas RI, Mayjen TNI Syachrial E Siregar, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten OKI dalam mitigasi dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

BACA JUGA:Universitas Bina Darma Tandatangani MoU dan MoA dengan PT Galaksi Investasi Harapan

BACA JUGA:Berkas Perkara Pegi Setiawan Ternyata Belum Lengkap, Bakal Dikembalikan Tim Jaksa Kejati Jawa Barat?

Apresiasi ini disampaikan dalam kunjungan kerja Tim Wantannas RI ke OKI untuk mengkaji penanganan Karhutla di wilayah tersebut.

"Kabupaten OKI ini adalah salah satu Kabupaten di Sumsel yang sudah berpengalaman dalam menangani bencana karhutla. Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pemkab OKI bersama dengan Forkopimda. Kami dari Wantannas RI akan terus mendukung mitigasi pencegahan bencana Karhutla di Sumatera Selatan," ujar Mayjen Syachrial.

Deputi Sistem Nasional Wantannas RI, Mayjen TNI Syachrial E Siregar, menekankan pentingnya menjaga dan meningkatkan upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab OKI dalam mitigasi dan penanggulangan Karhutla.

Beliau menegaskan bahwa kekompakan antara semua pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, TNI, Polri, masyarakat, dan sektor swasta, adalah kunci keberhasilan dalam mengatasi masalah Karhutla.

BACA JUGA:Kurangi Sampah, Gelar Lomba Kreasi Manfaatkan Barang Bekas

BACA JUGA:Palembang Jadi Kota Pertama yang Bisa Nikmati Jaringan 5G di Sumbagsel, Ini 5 Lokasinya

"Kita samakan persepsi bahwa bencana kebakaran hutan dan lahan ini dapat kita cegah, terus berikan edukasi kepada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara membakar. Kita Harapkan bencana karhutla ini tidak terjadi lagi ke depannya, dan apabila tetap terjadi kitapun sudah siap dalam hal mitigasi dan penanggulangannya untuk penguatan ketahanan nasional," pungkasnya.

Usai melakukan Kunjungan di Kantor Bupati OKI Rombongan Dari Wantannas RI pun langsung meninjau lokasi lahan gambut yang menjadi lokasi rawan terjadinya karhutla di kawasan perkebunan sawit PT. Tempirai Palm Resources

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: