Terkuak! Inilah Tampang Mahasiswa UM Palembang yang Batal Wisuda dan Diskors 1 Semester Gegara Plagiat Skripsi

Terkuak! Inilah Tampang Mahasiswa UM Palembang yang Batal Wisuda dan Diskors 1 Semester Gegara Plagiat Skripsi

Inilah tampang mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Fakultas Hukum UMP, yang terbukti melakukan plagiasi skripsi milik mahasiswa Universitas Sriwijaya. --

"Yang lebih tepat somasi itu ditujukan kepada oknum mahasiswanya itu sendiri," tuturnya. 

Hanya saja, masih menurut Ridho juga tidak sembarangan melakukan somasi karena harus melihat dahulu apakah benar si oknum mahasiswa tersebut melakukan plagiat.

"Karena, somasi merupakan suatu bentuk penghakiman terhadap suatu perbuatan yang sejatinya belum tentu benar adanya sebelum diselidiki lebih lanjut" tambahnya.

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa Albert Einstein Ini Terkejut, Uang Kuliahnya Sudah Dibayar Semua Sampai Wisuda

BACA JUGA:Unsri Lepas 1.822 Wisudawan Baru di Awal Tahun 2024, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini!

Alangkah lebih baik, kata Ridho dilakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap oknum mahasiswa yang diduga melakukan plagiat dengan difasilitasi oleh pihak kampus yang bersangkutan.

Ridho yang juga sebagai Sekjen Ikatan Alumni FH UMP ini mengimbau kepada mahasiswa agar skripsi itu dibuat sendiri bukan hasil plagiat atau jiplak skripsi milik orang lain.

"Karena itu bukti selama menempuh pendidikan di kampus memperoleh  ilmu dan dibuktikan dalam bentuk karya ilmiah dari pada menjiplak hasil karya orang lain yang tanpa menguji ilmu yang didapat di kampus," tuturnya.

Sebab, menurut Ridho belum tentu sripsi hasil plagiat milik orang lain itu lebih baik dari hasil pemikiran sendiri.

Jikapun mengalami kesulitan dalam pembuatan skripsi, kata Ridho pihak kampus juga telah menyiapkan seorang dosen pembimbing skripsi dengan mengarahkan mahasiswanya dalam membuat kajian skripsi.

BACA JUGA:Ditengah Gempuran Bom Israel, 50 Anak-anak Palestina Hafal Al Quran Diberikan Wisuda Sederhana

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Hadiri Wisuda 220 Santri TPA, Ini Pesannya

"Percaya pada diri sendiri mulai sekarang bikin sendiri skripsi tanpa harus menjiplak," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang alumni mahasiswa Unsri bernama Naomi mengklaim skripsinya diduga telah diplagiat oleh oknum mahasiswa di Palembang, hingga bikin heboh medsos.

Skripsi ini diduga dijiplak oleh salah seorang oknum mahasiswa UMP. Sedangkan skripsi mahasiswa UMP baru dibikin tahun ini, 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: