Terbaru! Kemenag Tetapkan Standar RPH Pelaksanaan Dam yang Wajib Diketahui Jemaah Haji, Ini Kriterianya

Terbaru! Kemenag Tetapkan Standar RPH Pelaksanaan Dam yang Wajib Diketahui Jemaah Haji, Ini Kriterianya

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Hilman Latief, menerbitkan edaran baru terkait dengan panduan pelaksanaan dam jemaah haji Indonesia. --

SUMEKS.CO - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Hilman Latief, menerbitkan edaran baru terkait dengan panduan pelaksanaan dam jemaah haji Indonesia 1445 Hijriah/2024 Masehi. 

Ada dua hal pokok yang diatur dalam edaran tersebut, yakni, kriteria Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan penekanan pentingnya optimalisasi pemanfaatan daging hewan dam, termasuk bagi masyarakat Indonesia.

Edaran Dirjen PHU terbit pada 5 Juni 2024. Dirjen PHU Hilman Latief menjelaskan, edaran ini terbit sebagai panduan bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Kemudian, Petugas Haji Daerah (PHD), dan jemaah haji dalam pelaksanaan dam agar sesuai dengan ketentuan syariat dan memiliki kemanfaatan yang luas.

Untuk tujuan itu, lanjut Hilman, panggilan akrabnya, edaran ini antara lain mengatur kriteria hewan dam dan standar RPH. 

BACA JUGA:Jemaah Haji Mabit di Muzdalifah secara Murur, Kemenag: Disiapkan Empat City Bus per Maktab

BACA JUGA:Seluruh Jemaah Haji Embarkasi Palembang Sudah di Mekkah, Ini Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Sumsel & Babel

"Hewan dam yang dibeli dalam keadaan sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria," jelas Hilman di Mekkah, Sabtu, 8 Juni 2024.

Ada sejumlah kriteria hewan dam. Pertama, jenis hewan ternak, yaitu kambing, domba, dan unta. Kedua, cukup umur, yaitu, kambing dan domba minimal umur satu tahun, dan unta minimal umur lima tahun.

Kriteria ketiga, kondisi hewan sehat. Misalnya, kambing dan domba tidak menunjukkan gejala klinis Peste de Petits Ruminants (PPR) perakut dan akut. Unta juga tidak menunjukkan gejala klinis parah atau berat. 

"Hewan dam juga tidak menunjukkan gejala klinis Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berat," sebut Hilman.

Berkenaan RPH, ada sejumlah standar yang perlu diperhatikan saat jemaah akan menentukan pilihannya. 

BACA JUGA:Muzdalifah Sangat Padat, PPIH Terapkan Skema Murur untuk Jaga Keselamatan Jemaah Haji Indonesia

BACA JUGA:HAR Jadi Inspektur Upacara HUT Pancasila ke-79, Lantik 709 Tenaga PPPK dan Lepas 385 Jemaah Haji Muara Enim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: