KUR BRI Bantu Bangkitkan Usaha Kayu Rotan dari Krisis: Solusi Modal untuk UMKM Lokal

KUR BRI Bantu Bangkitkan Usaha Kayu Rotan dari Krisis: Solusi Modal untuk UMKM Lokal

KUR BRI Bantu Bangkitkan Usaha Kayu Rotan dari Krisis.--

Menurutnya KUR BRI sangat membantu keberlangsungan Dona Doni Rattan. Misriwati pun aktif sebagai sebagai ketua klaster BRI di sekitaran kampungnya dan mengajak masyarakat untuk berbisnis dengan KUR BRI.

“Administrasi KUR BRI mudah, bunganya rendah dan sanksi penalti tidak seperti bank-bank lainnya. UMKM pasti ada jatuh-bangun, tapi kami tetap menjadi mitra UMKM dengan berbagai fasilitasnya yang ciamik,” pungkas Misriwati.

BACA JUGA:Xiaomi Resmi Memperkenalkan Redmi Turbo 3, Mid Range Terbaik yang Sudah Dibekali Snapdragon 8s Gen 3

BACA JUGA:Cowok Ini Dibully Netizen Karena Punya Pacar Terlalu Cantik, Sampai Dabul dan Temannya Bikin Video Klarifikasi

Misriwati yang juga duta UMKM BRI tersebut sangat gigih menjalankan bisnisnya. Kini, omzet yang didapatkannya sebesar Rp15 juta per bulan.

Seiring berjalannya waktu, Dona Doni Rattan berhasil mengekspor produknya ke tiga negara: Amerika Serikat, Jepang dan Singapura.

Sepak terjang berbisnis puluhan tahun tersebut membuat bisnis milik Misriwati melahirkan 350 produk anyaman rotan. Mulai dari souvenir, furniture, peralatan rumah tangga hingga hiasan cinderamata.

“Produksi anyaman tinggal lihat besar kecilnya ukuran. Ada yang sehari (produksi) sepuluh, ada yang sehari (produksi) empat. Inovasi produk terbaru kami adalah tas berbahan rotan kombinasi warna putih. Beberapa kali sudah ada blusukan dari Kominfo, Jakarta, mau datang ke tempat saya,” lanjutnya.

BACA JUGA:2 Kali Kena Kasus Besar Kuli Bangunan Bersatu, Ciptakan Alibi Supaya Tak Terkena Kasus Mirip Pegi Setiawan

BACA JUGA:Masih Punya Asa, Indonesia Sisakan 4 Wakil di Perempat Final Indonesia Open 2024

Kini produk tersebut juga tak hanya memakai bahan baku rotan saja. Misriwati juga berinovasi pada bahan mendong, enceng gondok dan pelepah pisang.

Tak heran jika inovasi yang dilakukan membuat Dona Doni Rattan kerap diundang ke pameran UMKM Kota Malang. Lalu pada ajang “BRIncubator Go Global”, bisnis tersebut meraih juara ketiga tingkat nasional mewakili Kota Malang pada 2020.

Pada kesempatan terpisah,  Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan perseroan akan terus mendorong pemberdayaan UMKM sebagai upaya mengakselerasi ekonomi Indonesia secara optimal. 

“UMKM sebagai core bisnis BRI akan terus didukung pengembangannya. Terbukanya akses pembiayaan termasuk KUR diharapkan dapat membantu naik kelas. Di samping itu, mendekatkan jangkauan inklusi keuangan pada masyarakat dapat membuka ruang tumbuh usaha menjadi lebih luas sehingga saving capacity pun ikut meningkat,” imbuh Supari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: