PT Bukit Asam Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha 1445 H

PT Bukit Asam Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha 1445 H

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berinisiatif untuk membantu umat muslim dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan mengadakan pelatihan penyembelihan hewan kurban.--

Tujuan utama program ini adalah untuk mendukung pelaksanaan kurban yang lebih baik di tengah masyarakat.

Melalui pelatihan ini, PTBA ingin membantu masyarakat dalam memahami tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam hal penyembelihan hewan kurban.

BACA JUGA:Lebaran Baru Usai Ratih Beli Tiket Pesawat Mudik Lebaran Tahun 2025, Di Kolom Komentar Ramai Doa Panjang Umur

BACA JUGA:Pro Kontra Pemotongan Gaji Pekerja Swasta Sebesar 3% untuk Tapera, Ini Pembelaan Jokowi

Yanuar Effri Madan berharap, dengan adanya pelatihan ini, masyarakat dapat melaksanakan ibadah kurban dengan lebih baik dan sesuai dengan syariat Islam.

Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat, baik dari segi kualitas daging kurban maupun dari segi makna ibadah kurban itu sendiri.

"Pelatihan ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam tentang fikih kurban dan teknik pemotongan hewan yang sesuai dengan syariat. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas pelaksanaan kurban di sekitar wilayah operasional PTBA," ujar Yanuar. 

Narasumber kompeten yang dihadirkan dalam pelatihan ini, yaitu Ustaz Oki Purwanto dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang memberikan materi tentang fikih kurban, Slamet dari Dinas Peternakan yang menjelaskan tentang kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban, serta Ustaz Zarkoni dari Juleha (Juru Sembelih Halal) yang memandu praktik pemotongan hewan kurban.

BACA JUGA:Bang Heru Kembali Dikirimi Cewek Foto ‘Anggota’ Minta Dicek Katanya Mencurigakan, Begini Analisanya?

BACA JUGA:Dugaan Salah Tangkap, Oknum Polsek Rambang Dangku Dilaporkan Petani Asal PALI ke Propam Polda Sumsel

"Pemahaman yang benar tentang fikih kurban sangat penting agar ibadah ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan agama. Pelatihan ini membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta," kata Ustaz Oki.

Sementara Slamet dari Dinas Peternakan memberikan wawasan mengenai standar kesehatan hewan kurban, mulai dari pemilihan hewan yang sehat hingga teknik pemeriksaan sebelum penyembelihan. 

Kemudian dalam sesi praktik pemotongan hewan kurban, Ustaz Zarkoni mengajarkan teknik pemotongan yang halal dan higienis. "Melalui praktik langsung ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat saat pelaksanaan kurban nanti," ucap Ustaz Zarkoni.

Para peserta yang terdiri dari pengurus masjid, panti asuhan, dan pondok pesantren antusias mengikuti kegiatan ini. Pelatihan Fikih dan Pemotongan Hewan Kurban diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: