Anime yang Sudah Berusia 1 Abad Ditemukan, Pemerintah Jepang Segera Melakukan Pengarsipan!

Anime yang Sudah Berusia 1 Abad Ditemukan, Pemerintah Jepang Segera Melakukan Pengarsipan!

Baru-baru ini telah ditemukan sebuah anime Jepang berdurasi 8 menit yang dikabarkan telah diproduksi lebih dari satu abad yang lalu.--

Laporan NHK kemudian mengutip perspektif para ahli mengenai pentingnya penemuan ini, dengan sejarawan anime dan profesor di Universitas Doshisha Akiko Sano menambahkan.

"Latar belakang dan kimono digambar dengan sangat hati-hati, dan ini sangat mengesankan. Tahun 1920-an adalah awal mula animasi di Jepang, dan dapat dikatakan sebagai periode perintis dalam penggunaan animasi untuk menyampaikan konten pendidikan dengan cara yang mudah dipahami. Hanya ada sedikit film yang bertahan dari periode ini, jadi ini adalah petunjuk berharga untuk memahami masa itu," jelasnya.

Pada saat itu memang anime belum diakui sebagai industri. Pakar mengatakan para pencipta pada masa itu menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan ekspresi karya mereka, sama seperti para pencipta saat ini.

Diskusi penting tentang pelestarian warisan budaya Jepang dalam animasi terus menjadi hal yang lumrah. 

BACA JUGA:Pencapaian Killua Zoldyck Sepanjang Perannya di Anime Hunter X Hunter sebagai Karakter Ikonik dan Populer

BACA JUGA:Anime Hunter X Hunter: Siapa Karakter Protagonis Terbaik dalam Serial ini, Gon atau Kurapika?


--

Penggemar anime berunjuk rasa setelah perusahaan produksi film Tokyo Laboratory (Togen) ditutup pada tahun 2023. 

Togen terlibat dalam semua aspek produksi berbagai judul live-action dan anime, memegang lebih dari 10,000 master yang tidak diklaim oleh pemegang haknya (melalui Catsuka ). 

Di antara koleksinya diyakini adalah siaran Golgo 13 yang ditemukan kembali, 50 tahun kemudian. Sementara Toho Corporation, pemilik Togen, mengumumkan bahwa mereka akan memperluas upaya pelestariannya di masa depan.

Meskipun dukungan baru Togen merupakan kemenangan besar bagi upaya pelestarian, banyak sel anime dari seri lama dibuang atau dibocorkan ke luar negeri, menurut tokoh industri online. 

BACA JUGA:Anime Kaiju No.8 Episode 2: Menampilkan Adegan Humor dan Pertarungan Kaiju yang Sangat Apik

BACA JUGA:Siapa Lucy Heartfilia dan 10 Roh Surgawi yang Membantunya dalam Pertempuran di Anime Fairy Tail?

Seruan yang meningkat kepada pemerintah untuk melakukan upaya pengarsipan yang serius baru-baru ini mendapat tanggapan yang optimis, dengan Badan Urusan Kebudayaan Jepang mengumumkan proyek untuk melestarikan gambar manga, manuskrip, dan gambar sel asli bulan lalu (via Asahi Shimbun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: