Dapat Laporan Jembatan Penghubung 2 Desa di Ogan Ilir Amblas, Dinas PUPR Langsung Turun Perbaiki

Dapat Laporan Jembatan Penghubung 2 Desa di Ogan Ilir Amblas, Dinas PUPR Langsung Turun Perbaiki

Petugas saat memperbaiki jembatan amblas yang menghubungkan Desa Sakatiga ke Desa Tanjung Agung Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Rabu, 8 Mei 2024.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ogan Ilir, langsung memperbaiki jembatan amblas yang menghubungkan Desa Sakatiga dan Desa Tanjung Agung.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir, Ruslan mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari warga, pihaknya langsung melakukan perbaikan terhadap jembatan amblas di Desa Sakatiga yang menghubungkan dengan Desa Tanjung Agung.

"Hari ini langsung kita perbaiki jembatannya, dan Alhamdulillah sudah bisa dilalui oleh pengendara," jelasnya kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu, 8 Mei 2024.

Menurut Ruslan, perbaikan jembatan amblas ini menggunakan dana darurat yang dimiliki oleh Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir.

Setelah selesai diperbaiki, Ruslan berharap, pengguna jalan tidak melewati jembatan ini dengan menggunakan mobil bertonase melebihi.

BACA JUGA:Sempat Viral di Medsos, Dinas PUPR Ogan Ilir Perbaiki Jembatan Rusak di Desa Kota Daro 1

BACA JUGA:Gerak Cepat Dinas PUPR Ogan Ilir, Pasang Patok Gelam di Lokasi Banjir Akses Tanjung Senai

"Karena mobil yang bertonase melebihi aturan ini, merupakan salah satu penyebab rusaknya jembatan dan jalan," paparnya.

Sebagaimana diketahui, jembatan penghubung antara Desa Sakatiga menuju Desa Tanjung Agung, mengalami amblas pada Selasa petang, 7 Mei 2024.

"Ya, amblas, untuk kejadiannya hari ini, dan diduga amblasnya jembatan karena pondasi jembatan yang tidak kuat," ungkap Kepala Desa Sakatiga, Herman.

Selain itu, penyebab amblasnya jembatan juga dikarenakan tanah longsor akibat pengerukan sungai yang terlalu dekat dengan DAM.

"Sehingga tiang jembatan amblas ke bawah," ujarnya.

BACA JUGA:Akses Tanjung Senai Terendam dengan Ketinggian 35 Cm, Dinas PUPR Ogan Ilir Segera Pasang Rambu-Rambu

BACA JUGA:Dinas PUPR Ungkap Penyebab Banjir di Sejumlah Jalan Protokol Palembang, Simak!

Herman berharap, agar Pemkab Ogan Ilir khususnya dinas terkait agar bisa segera memperbaiki jembatan tersebut, karena jembatan inilah akses penghubung antar desa.

"Semoga jembatan ini segera diperbaiki, karena kasihan melihat masyarakat yang mau lewat sini, terutama masyarakat yang anaknya sekolah di desa tetangga," lanjutnya.

Terpisah, salah satu pengguna jalan dan juga masyarakat sekitar sangat berharap sekali agar jembatan ini segera diperbaiki secepatnya, karena susah pak kalau mau keluar desa.

"Kami kan sering lalu lalang disini, khususnya antar jemput anak sekolah, kalau mau lewat jalan lain jauh pak, karena kita harus memutar arah, tolonglah agar secepatnya jembatan ini diperbaiki," imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir juga memperbaiki jembatan rusak di Desa Kota Daro 1 Kecamatan Rantau Panjang. 

BACA JUGA:Atasi Banjir, Dinas PUPR Palembang Imbau Pihak Developer Perumahan Pelangi 2 Lakukan Upaya Ini

BACA JUGA:Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir Lakukan Pemeriksaan Bangunan PT Simians Medica

Perbaikan jembatan rusak ini dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat, mengenai kerusakan yang terjadi pada jembatan tersebut, baru-baru ini. 

"Menanggapi laporan dari masyarakat bahwa jembatan di Desa Kota Daro 1 mengalami kerusakan, sejak beberapa waktu lalu," ungkapnya. 

Menurut Ruslan, terdapat beberapa pelat besi di jembatan tersebut yang amblas. Sehingga, membuat Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir harus segera sigap untuk melakukan perbaikan. 

"Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir memang harus segera mengambil tindakan, dan sekarang sudah mulai dilakukan perbaikan di jembatan tersebut," katanya lagi. 

Sebelumnya, kerusakan jalan juga nyaris berdampak pada jembatan penghubung di Desa Rubuk Rukam dengan Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir. 

BACA JUGA:Langganan Terendam Air, Dinas PUPR Ogan Ilir Lakukan Pembuatan Drainase di Jalan Nusantara

BACA JUGA:Aksi Cepat, Usai Tinjau Langsung Jalan Amblas, Ratu Dewa Beri Waktu 3 Hari ke Dinas PUPR

Amblasnya jalan aspal di pangkal jembatan Desa Lubuk Rukam dengan Desa Muara kumbang tersebut, diduga akibat tanah di bagian bawah jembatan tersebut longsor terkikis air sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: