Jam Saku John Jacob Astor Di Kapal Titanic Dilelang Seharga Rp23 Miliar, Kok Bisa Semahal Itu?

Jam Saku John Jacob Astor Di Kapal Titanic Dilelang Seharga Rp23 Miliar, Kok Bisa Semahal Itu?

John Jacob Astor sebagai orang terkaya yang meninggal saat tenggelamnya RMS Titanic, memiliki jam saku yang memiliki nilai menyentuh angka Rp23 Miliar.--

Sebagai kepala salah satu keluarga paling terkemuka di New York dan mungkin orang terkaya di Amerika, dia memiliki citra penggila yang terkadang mendapat julukan “Jack Ass-tor.” 

Tidak mengherankan, terutama di awal tahun 1900-an, menceraikan istrinya setelah kematian ibunya merupakan hal yang sangat kontroversial. 

BACA JUGA:Indonesia Punya Jam Tangan Kelas Tinggi yang Diakui Dunia, Setara Jam Tangan Swiss dan Dirancang Soekarno

BACA JUGA:Daftar Merek Jam Tangan Mewah Koleksi Soekarno, Presiden Indonesia yang Berkarisma

Tentu saja tidak membantu bahwa ia segera menikah lagi pada usia 47 tahun dengan seorang sosialita berusia 18 tahun bernama Madeleine Talmage Force. 

Sulit untuk mengatakan apakah perbedaan usia mereka lebih atau kurang keterlaluan dibandingkan fakta bahwa Astor telah bercerai, namun mereka memilih untuk menghindari gosip dengan berbulan madu yang panjang melintasi Mesir dan Eropa. 

Di sanalah Madeleine hamil, dan pasangan itu bergegas pulang ke rumah dengan kapal RMS Titanic.

Ya, kita semua tahu apa yang terjadi selanjutnya. Seharusnya, Astor sangat tenang saat membantu perempuan dan anak-anak menaiki sekoci, awalnya mengira kerusakannya tidak terlalu serius. 

BACA JUGA:Smartwatch Terbaik Edisi 2024, Pantau Kesehatan dengan Desain Jam Tangan Keren dan Canggih

BACA JUGA:Rahasia Marketing Merek Ricard Mille yang Membuat Jam Tangan Mereka Selalu Menonjol di Karpet Merah

Madeleine selamat hingga melahirkan bayinya beberapa bulan kemudian, namun jenazah John Jacob Astor IV ditemukan delapan hari setelah kejadian, diidentifikasi melalui label pakaian. 

Di antara barang miliknya yang ditemukan adalah jam tangan Waltham dalam kotak emas 14 karat dengan inisial namanya menghiasi bagian depan.

Pada lelang bersama Henry Aldridge & Son, jam tangan tersebut menjadi memorabilia Titanic termahal yang pernah terjual di lelang dengan harga jual akhir sebesar Rp23 Miliar. 

Angka tersebut hanya mengalahkan pemegang rekor sebelumnya pada tahun 2013, yaitu biola terkenal yang dimainkan oleh bandmaster Wallace Hartley saat kapal tenggelam seharga Rp17 Miliar. 

BACA JUGA:Jam Tangan Baja Damaskus, Material untuk Pedang Salahuddin Al Ayyubi, Intip Spesifikasinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: