Waspada Keamanan Apple ID! Serangan Phishing Brutal Incar Pengguna iPhone VIP

Waspada Keamanan Apple ID! Serangan Phishing Brutal Incar Pengguna iPhone VIP

Waspada Keamanan Apple ID! Serangan Phishing Brutal Incar Pengguna iPhone VIP--

Tujuan utamanya adalah meretas Apple ID pengguna. Kalau sampai berhasil, dampaknya bisa sangat berbahaya, bisa jadi akses ke bisnis dan akun pribadi ikut terancam. Parth, bersama dengan para pendiri lainnya, hampir menjadi korban dari serangan ini.

Bayangkan, kalau Apple ID hilang, bukan cuma email dan iMessage yang tak bisa diakses, tapi juga seluruh data yang tersimpan di iCloud, bahkan akses ke aplikasi pihak ketiga pun ikut terblokir. 

BACA JUGA:Infinix Note 40 Series, HP Terbaik 2024 yang Setara Dengan iPhone 14 Pro Max, Benarkan?

BACA JUGA:Infinix Note 40 Series, HP Terbaik 2024 yang Setara Dengan iPhone 14 Pro Max, Benarkan?

Gawat, kan? Makanya, penting banget buat apple user lebih aware bagaimana cara kerja serangan phishing ini biar nggak jadi korban berikutnya.

Taktik penipuan dimulai dengan mengirimkan banyak permintaan pengaturan ulang kata sandi ke perangkat iPhone pengguna. 

Meskipun pengguna tidak merespons permintaan tersebut, penipu kemudian menghubungi korban melalui telepon dengan menyamar sebagai petugas Apple Support. 

Para penipu kemudian meminta korban untuk memverifikasi kode yang dikirimkan ke perangkatnya. Dengan informasi pribadi yang diperoleh dari database publik, seperti alamat rumah dan tanggal lahir, penipu mampu mengkonfirmasi identitas korban.

BACA JUGA:Pertimbangkan Ini sebelum Membeli iPhone Bekas, Simak Ini Perbedaan iPhone ex Inter dan ex iBox!

BACA JUGA:iPhone 17 Pro Diprediksi Jadi Juara Performa? Menjadi yang Pertama di Dunia Menggunakan Chipset 2nm

Kejadian ini menunjukkan betapa pentingnya pengguna untuk waspada terhadap upaya penipuan semacam ini. Meskipun serangan ini tampaknya ditujukan kepada individu tertentu, tetapi siapa pun dapat menjadi korban jika tidak berhati-hati. 

Untuk menghindari hal ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil.

Umumnya, autentikasi dua faktor (2FA) dianggap sangat aman karena mengharuskan pengguna untuk memberikan setidaknya dua cara verifikasi sebelum melakukan tindakan tertentu. 

Biasanya, ini melibatkan persetujuan terhadap notifikasi yang dikirim ke ponsel atau konfirmasi kode sekali pakai yang dikirimkan melalui SMS. Proses reset Apple ID pun memerlukan mekanisme serupa.

BACA JUGA:Cek Rilisan, Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru, Hape Infinix Kalahkan Iphone Series?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: