Waspada Keamanan Apple ID! Serangan Phishing Brutal Incar Pengguna iPhone VIP

Waspada Keamanan Apple ID! Serangan Phishing Brutal Incar Pengguna iPhone VIP

Waspada Keamanan Apple ID! Serangan Phishing Brutal Incar Pengguna iPhone VIP--

BACA JUGA:Semua Series iPhone Turun Harga Sisa Rp2 Juta Per April 2024, Bikin Tambah Ganteng saat Berlebaran!

Pertama, pengguna harus membuka portal iForgot milik Apple, masukkan email atau nomor telepon, lalu verifikasi captcha, dan kemudian setujui permintaan yang dikirim ke perangkat Apple yang tertaut. Nah, celah inilah yang dimanfaatkan oleh para scammer.

Dengan akses ke email korban (bisa jadi diretas sebelumnya), pelaku bisa memulai proses reset Apple ID. Di iPhone korban, akan muncul notifikasi bertubi-tubi, puluhan bahkan ratusan kali, meminta konfirmasi "Izinkan" atau "Tolak". Masalahnya, sistem Apple mengharuskan notifikasi ini direspon agar bisa kembali menggunakan perangkatnya. Bayangkan, harus pencet "Tolak" ratusan kali, bisa-bisa frustasi duluan!

Parth bercerita, meski sigap menolak notifikasi tersebut, pelaku ternyata tak tinggal diam. Parth lantas dihubungi melalui telepon dengan nomor yang terlihat meyakinkan, seolah-olah berasal dari layanan Apple support. "Petugas" gadungan di ujung telepon tersebut mendesaknya untuk memverifikasi kode sekali pakai yang dikirim ke ponselnya.

Lebih mengerikan lagi, scammer tersebut ternyata memiliki informasi detail Parth, mulai dari alamat rumah sampai tanggal lahir. Diduga, mereka memanfaatkan data publik yang tersedia di internet, seperti People Data Labs. 

BACA JUGA:7 Cara Menghemat Baterai iPhone saat Mudik Lebaran, Perjalanan Makin Asyik dan Menyenangkan!

BACA JUGA:iPhone XR: Smartphone Apple Terbaik di Harga Rp 3 Jutaan

Beruntungnya, Parth berhasil lolos dari jebakan ini. Tapi, kejadian ini menjadi bukti nyata betapa bahayanya serangan phishing ini.

Cukup sekali salah pencet, Apple ID dan semua yang terkait dengannya bisa hilang lenyap. Meskipun serangan ini tampaknya menargetkan individu tertentu dengan data yang tersedia untuk umum, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dari serangan jahat semacam ini.

Dengan kewaspadaan penuh dan kehati-hatian pengguna diharapkan tidak terkena serangan digital yang meresahkan ini. 

Perlu diingat jangan pernah setujui permintaan reset password di iPhone, iPad, Apple Watch, atau MacBook yang tidak dilakukan sendiri. Ingat, Apple Support tidak akan pernah menghubungi secara tiba-tiba, apalagi meminta verifikasi melalui telepon.

BACA JUGA:No Kaleng-kaleng! Begini Keunggulan Kamera Nokia Lumia Max 2023, Benarkah Mirip IPhone?

BACA JUGA:Bisakah Google Pixel 7 Series Bersaing dengan Samsung dan iPhone?

Selalu waspada terhadap permintaan pengaturan ulang kata sandi yang tidak diinisiasi sendiri. Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau mengonfirmasi kode verifikasi kepada pihak yang tidak Anda kenal, terutama melalui telepon. 

Ingatlah bahwa Apple Support tidak akan menghubungi tanpa adanya permintaan atau keluhan terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: