Kabarnya, Brunei Bakal Bangun Kereta Cepat, Hubungkan 3 Negara Sekaligus Termasuk ke IKN?

Kabarnya, Brunei Bakal Bangun Kereta Cepat, Hubungkan 3 Negara Sekaligus Termasuk ke IKN?

Perusahaan Brunei Darussalam berencana membangun kereta cepat dan kabarnya akan menghubungkan 3 negara sekaligus termasuk ke IKN--

SUMEKS.COKabarnya, perusahaan Brunei Darussalam berencana membangun kereta cepat dan Kabarnya akan menghubungkan 3 negara sekaligus termasuk ke IKN.

Tiga negara yang dimaksud dalam Pembangunan Kereta Cepat yakni Brunei-Malaysia-IKN sebagai proyek ambisius yang akan menghubungkan tiga negara Asia Tenggara.

Menurut informasi yang beredar proyek tersebut diusulkan oleh perusahaan infrastruktur yang berbasis di Brunei Darussalam, yaitu Brunergy Utama. 

Perusahaan ini sebelumnya berfokus pada minyak dan gas namun kini beralih ke sektor infrastruktur. 

BACA JUGA:Menjajal Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung Gratis, Peserta Kongres PWI XXV Dibuat Terpana

BACA JUGA:Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sukses, Tempuh Kecepatan Hingga 300 km/jam

Rencananya, kereta cepat ini akan melintasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusatara di Pulau Kalimantan. 

Tentu proyek besar ini menjadi angin segar bagi Indonesia yang juga berencana membangun jaringan kereta barang KA Trans Asia yang akan melewati Brunei dan Malaysia. 

Mega proyek ini akan menghubungkan Pontianak, Kalimantan Barat dengan Kuching dan Kota Kinabalu di Sarawak dan Sabah, Malaysia, serta Distrik Tutong di Brunei dan wilayah barat di pantai utara Kalimantan. 

Pembangunan akan dilanjutkan ke arah selatan menghubungkan Tutong dengan Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur termasuk kota-kota seperti Samarinda dan Balikpapan yang setidaknya, akan ada 4 terminal yang berfungsi sebagai jaringan utama dari total 24 stasiun.

BACA JUGA:Kabur Usai Dihantam Kereta Api di Martapura, Polisi Imbau Sopir dan Kernet Bus Putra Sulung Menyerahkan Diri

BACA JUGA:Berikut Identitas 13 Penumpang Bus Putra Sulung Vs Kereta Api di Martapura OKU Timur yang Mengalami Luka-luka

Mega Proyek yang dinamai Trans Borneo Railway ini menurut kabar yang beredar akan membentang sepanjang 1.620 km dengan kecepatan hingga 350 km per jam.

Rencana Pembangunan tahap pertama akan menghubungkan Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat, Kuching, Kinabalu, hingga distrik Tutong, Brunei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: