3 Ekor Kerbau di Ogan Ilir Ditemukan Mati Mendadak, Diduga Terkena Penyakit Ngorok

3 Ekor Kerbau di Ogan Ilir Ditemukan Mati Mendadak, Diduga Terkena Penyakit Ngorok

Tim dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir, menyuntikkan vaksin ke hewan ternak. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Tiga ekor kerbau di Kabupaten Ogan Ilir, ditemukan mati secara mendadak. Diduga, kematian tersebut lantaran terserang penyakit ngorok atau Tagere. 

Pengawas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ogan Ilir, Taufik Ismail menyebut, tiga kerbau yang mati tersebut ditemukan di salah satu desa di Kecamatan Indralaya Selatan

"Kami menemukan kasus kematian kerbau di salah satu desa di Kecamatan Indralaya Selatan pada akhir Februari lalu," ungkapnya, Kamis, 18 April 2024.

Menindaklanjuti penemuan tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir, langsung melakukan suntik vaksinasi kepada sapi dan kerbau yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. 

"Sejauh ini lebih dari 200 ekor kerbau dan sapi di Ogan Ilir yang divaksin oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan," sebutnya. 

BACA JUGA:Disbunnak OKI Ambil Langkah Cepat Atasi Kematian Mendadak Ratusan Kerbau

BACA JUGA:Atasi Wabah Ngorok, Ratusan Kerbau di Kabupaten OKI Divaksinasi Massal

Adapun sapi dan kerbau yang disuntik vaksin berada di wilayah Indralaya dan Indralaya Selatan. Sebagaimana diketahui, gejala penyakit ngorok sedang mewabah di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI). 

Gejala wabah serupa ternyata mulai melanda wilayah Ogan Ilir, namun belum terlalu masif dan sedang ditanggulangi oleh pemerintah daerah setempat.

"Kepada peternak kami mengimbau silahkan melapor jika ada hewan ternak yang terindikasi wabah penyakit ngorok," imbaunya.

Ditambahkan Taufik, vaksin untuk pencegahan penyakit ngorok ini tidak dipungut biaya alias gratis. 

Dirinya juga mengungkapkan, ada sebagian peternak yang takut hewan ternak mereka divaksin.

BACA JUGA:Misteri Kematian 15 Kerbau di Kabupaten OKI, Petugas Lakukan Uji Laboratorium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: