Gunung Ruang di Sulut Meletus, Hingga Berpotensi Tsunami, Warga Terpaksa Diungsikan

Gunung Ruang di Sulut Meletus, Hingga Berpotensi Tsunami, Warga Terpaksa Diungsikan

Gunung Api Ruang yang ada di Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara saat meletus Rabu dini hari, 17 April 2024.--

SUMEKS.CO - Warga di Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara panik, lantaran Gunung Ruang meletus

Video penampakan Gunung Ruang yang meletus banyak beredar di media sosial, pada 17 April 2024. Seperti yang diunggah oleh akun Instagram @undercover.id.

Dari video yang beredar tersebut, tampak banyaknya kilat yang menyambar saat Gunung Api Ruang erupsi dan mengeluarkan abu vulkaniknya. 

Erupsi Gunung Api Ruang ini terjadi pada Rabu dini hari, 17 April 2024. Erupsi Gunung Api Ruang ini, telah membuat warga sekitar panik dan harus diungsikan.

Terlebih, meletusnya Gunung Api Ruang ini berpotensi terjadinya tsunami. Sebagaimana diinformasikan oleh Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku. 

BACA JUGA:Allahuakbar! Tanda Sebelum Terjadi Gunung Meletus Sudah Dijelaskan Dalam 20 Surah Alquran, Ini Bunyi Ayatnya

BACA JUGA:Ratusan Pendaki Gunung Rinjani Gagal Mendaki Gara-gara Ulah ‘Open Trip’ Nakal

Menurut Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana Doris Jane Rumambi, pihaknya telah menyampaikan imbauan kepada warga supaya mengungsi. 

"Mohon segera mengungsi ke pantai timur untuk menghindari terjadinya tsunami dan lontaran batu pijar di wilayah pantai barat," ucap Doris melalui pesan singkat, Rabu, 17 April 2024.

Oleh karena itulah, masyarakat yang ada di Desa Patologi dan Desa Pumpente di evakuasi ke Kecamatan Tagulandang dengan menggunakan dua unit kapal Ferry.

Yaitu, KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung, ditambah dengan perahu penyeberangan milik warga. 

Lalu, pemerintah daerah telah mempersiapkan personel dilapangan terdiri dari BPBD, perangkat Kecamatan Tagulandang, perangkat Kampung,  Kelurahan, SatPol PP,  Damkar dan Dinkes dengan total sebanyak 30 personel. 

BACA JUGA:Montblanc Luncurkan Iced Sea Tahan hingga Kedalaman 4.810 Meter, Setinggi Gunung Es Mont Blanc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: