Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, Hutama Karya Lakukan Operasi Simpatik

Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, Hutama Karya Lakukan Operasi Simpatik

Petugas tol saat memberikan minuman kopi kepada salah satu pengguna jalan tol yang melintas, dalam rangka Operasi Simpatik yang diselenggarakan PT Hutama Karya (Persero) dalam rangka Idulfitri 1445 Hijriah. --

SUMEKS.CO - PT Hutama Karya (Persero) mengambil langkah proaktif dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jalan tol, di momen Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah ini. 

Langkah yang dimaksud, yaitu, menggelar Operasi Keselamatan berupa Operasi Simpatik Microsleep, penambahan lajur hingga penerapan larangan jenis angkutan barang di jalan tol.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan, Operasi Simpatik Microsleep dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan. 

"Karena kecelakaan ini sering disebabkan oleh kantuk atau kelelahan, terutama berkendara dengan jarak tempuh yang panjang," ujarnya, Minggu, 14 April 2024.

Menurut Adjib, kegiatan ini dilaksanakan berkala di seluruh ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Kegiatan dilakukan, dengan cara membagikan makanan ringan dan kopi gratis untuk menjaga stamina para pengemudi. 

BACA JUGA:PT Hutama Karya Tambah Ruas Tol Trans Sumatera yang Diberikan Diskon Tarif 20 Persen

BACA JUGA:Asyik! Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Hutama Karya Berikan Diskon Tarif Tol 20 Persen, Ini Ruas Tolnya!

"Hingga melakukan pengecekan kondisi fisik pengemudi dan kendaraan," lanjutnya.

 

Ditambahkan Adjib, faktor utama kecelakaan di jalan tol adalah faktor pengemudi, baik kondisi pengemudi yang mengantuk, kelelahan, tidak fokus dan sebagainya, namun tetap memaksakan melanjutkan perjalanan. 

"Di Operasi Simpatik ini, apabila ada pengemudi yang kedapatan mengantuk atau lelah, kami akan minta untuk beristirahat terlebih dahulu di rest area selama 15-30 menit," paparnya. 

Selain itu, pengguna jalan tol juga dapat menggunakan fasilitas lengkap lainnya yang tersedia di setiap rest area baik yang permanen maupun sementara.

Lebih lanjut Adjib menjelaskan, mengantisipasi lonjakan trafik pada arus balik, Hutama Karya juga menyiapkan beberapa antisipasi.

BACA JUGA:Hutama Karya Rombak Pejabat Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo Digantikan Adjib Al Hakim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: