Mudik 2024 Lancar Jaya, Ini Antisipasi Kemacetan di Muara Enim

Mudik 2024 Lancar Jaya, Ini Antisipasi Kemacetan di Muara Enim

Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim bersama stakeholder terkait telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi potensi kemacetan selama arus mudik 2024.

Pemkab Muara Enim bersama stakeholder terkait telah memberikan perhatian khusus pada perlintasan kereta api di kawasan Belimbing untuk mengantisipasi potensi kemacetan selama arus mudik 2024.

Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA, mengatakan bahwa Pemkab Muara Enim bersama stakeholder terkait telah melakukan antisipasi untuk mengatasi potensi kemacetan, terutama di jalur perlintasan kereta api

"Muara Enim merupakan salah satu jalur perlintasan utama bagi pemudik yang akan menuju ke berbagai daerah di Sumatera Selatan dan sekitarnya. Oleh karena itu, potensi kemacetan di wilayah ini perlu diantisipasi dengan baik agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan lancar," ujar Rizali, Senin 1 April 2024.

BACA JUGA:iPhone 15 Pro Max Tak Ada Apa-apanya! Ternyata Ini Merk Hp Android yang Banyak Dipakai Artis Korea

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Jajaran Monitoring Keamanan Jelang Idulfitri

Di beberapa titik rawan macet seperti Belimbing dan Gunung Megang, sudah ada antisipasi dengan pemberhentian kereta api selama 4 jam.

Hal ini merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mengatasi potensi kemacetan selama arus mudik 2024.

"Pola 4 jam dengan penahanan kereta api selama 1 jam di perlintasan Belimbing saat terjadi kemacetan merupakan strategi yang fleksibel dan adaptif untuk mengurai kemacetan dan melancarkan arus mudik," terangnya. 

Menurutnya, pola 4 jam dengan penahanan kereta api selama 1 jam di perlintasan Belimbing akan diterapkan pada siang hari ketika kepadatan kendaraan biasanya terjadi. Pada malam hari, ketika arus lalu lintas sudah mulai lengang, pola ini kemungkinan besar tidak akan diperlukan.

BACA JUGA:Tersangka Korupsi Jual Asrama Mahasiswa Sumsel di Jogja Setor Uang Kerugian Negara Rp169 Juta ke Kejati Sumsel

BACA JUGA:Transaksi Pegadaian Unit Kayuagung Meningkat Jelang Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah

"Di Belimbing terdapat persimpangan ke Kabupaten Pali yang posisinya sangat berdekatan dengan perlintasan kereta api. Hal ini dapat menjadi faktor tambahan yang memperparah kemacetan di kawasan tersebut, terutama pada saat arus mudik dan arus balik," ungkapnya. 

Perbaikan jalan sudah mulai dilakukan di beberapa titik oleh instansi terkait untuk kelancaran lalu lintas. Hal ini tentu sangat positif dan diharapkan dapat membantu melancarkan arus mudik dan arus balik 2024 di Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: