4 Hal Sepele yang Dilarang Rasulullah SAW Namun Masih Sering Dilakukan, Apa Aja? Simak Disini!

4 Hal Sepele yang Dilarang Rasulullah SAW Namun Masih Sering Dilakukan, Apa Aja? Simak Disini!

hal sepele yang sering dilakukan umat islam namun dilarang Rasulullah SAW--

Meski tidak berdosa makan dan minum dalam posisi berdiri, makan dan minum sambil duduk dinilai lebih afdhol dan menyehatkan tubuh.

2. Tertawa Terbahak-Bahak

BACA JUGA:Salat Tarawih Bagi Perempuan Muslimah, di Masjid atau di Rumah? Begini Menurut Hukum Islam

BACA JUGA:Keutamaan Surah Al-Hajj yang Jarang Diketahui Umat Muslim, Bukan Hanya Amalan Cari Jodoh Saja!

Hal sepele yang dilarang oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selanjutnya ialah tertawa terbahak-bahak.

Dalam Islam, tertawa terbahak-bahak tidak dilarang secara mutlak, ada beberapa hadits dan pendapat ulama yang menyarankan untuk menghindarinya.

Aisyah ra berkata, “Saya tidak pernah melihat Rasulullah SAW tertawa terbahak-bahak, hingga tampak langit-langit mulutnya, tetapi beliau hanya sekadar tersenyum simpul." HR. Al-Bukhari dan Muslim.

Selain itu, diriwayatkan bahwa Al Hasan Al Bashri pernah bertemu seorang pemuda yang sedang tertawa terbahak-bahak. Ia berkata kepadanya, “Hai anak muda, apakah kamu yakin bisa melewati shirath (jembatan diatas neraka)?” “Tidak,” jawabnya. “Apakah kamu sudah tahu pasti akan masuk surga atau neraka?” “Tidak,” jawabnya. “Lalu kenapa kamu tertawa seperti itu?” Setelah mendapat nasihat dari Al-Hasan Al-Bashri, pemuda ini tidak pernah lagi tertawa terbahak-bahak.

BACA JUGA:Teh Kombucha Asal China, Halalkah Dikonsumsi Umat Muslim? Simak Penjelasan Berikut

BACA JUGA:4 Kontribusi Perempuan Muslimah dalam Perbaikan Masyarakat, Yuk Simak Ada Apa Saja?

Tertawa hingga terbahak-bahak dalam islam dalam membawa dampak buruk sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Abbas RA berkata, “Barang siapa berbuat dosa, sementara ia masih bisa tertawa terbahak-bahak, ia akan masuk ke neraka dalam keadaan menangis tersedu-sedu.”

Tidak hanya itu, Abdullah Ibnu Amr Ibnu Al Ash berkata, “Seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, kalian akan sujud hingga tulang rusuknya patah dan kalian akan menjerit sehingga suaranya habis. Karena itu menangislah kepada Allah SWT jika kalian tidak mampu menangis sendiri menangislah bersama orang-orang yang menangis.”

Banyak tertawa sejatinya tidak memberi manfaat namun justru dapat mengeraskan hati dan sulitnya hikmah untuk masuk ke dalam hati.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati.” HR. Tirmidzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: