Biasakan Konsumsi Jamu Saat Sahur, Bikin Tubuh Bugar Saat Puasa, Boleh Dicoba!

Biasakan Konsumsi Jamu Saat Sahur, Bikin Tubuh Bugar Saat Puasa, Boleh Dicoba!

Manfaat konsumsi jamu saat sahur-ilustrasi-

2. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Rempah-rempah dalam jamu, seperti jahe dan kunyit memiliki sifat penyegar yang membantu meningkatkan energi dan kewaspadaan selama puasa. 

Minum jamu saat sahur dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan mengembalikan semangat untuk menjalani ibadah dan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Puasa Lebih dari Sekadar Ibadah, Ini 10 Manfaat Kesehatan yang Tak Terduga

BACA JUGA:Selain Menunaikan Ibadah, Berpuasa Juga Punya 8 Manfaat Besar Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Jamu adalah obat tradisional Indonesia yang secara tradisional digunakan sebagai pengobatan dalam bentuk ekstrak atau sari ramuan yang dimanfaatkan untuk mengobati penyakit umum dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit. 

Berbagai macam rempah direbus dan dicampur untuk khasiat pengobatan, terutama dari bahan herbal yang terbuat dari sumber daya alam (baik nabati maupun hewani).

Beberapa rempah yang sering digunakan seperti akar, kulit kayu, bunga, biji, daun, buah, madu, royal jelly, susu, dan telur ayam kampung. 

Jamu berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa kuno ‘Jawa’ yang berarti pulau Jawa atau etnis Jawa dan ’Ngramu’ yang artinya mencampur atau meracik bahan-bahan yang dapat diartikan sebagai ramuan Jawa atau formula Jawa.

BACA JUGA:Puasa Nggak Sekadar Tahan Lapar, Ini 10 Manfaat yang Menakjubkan untuk Kesehatan

BACA JUGA:7 Manfaat Tersembunyi Air Rendaman Kurma untuk Kesehatan

Jamu merupakan bagian integral dari Warisan Budaya Tak Benda Nasional Indonesia dan juga diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari Warisan Budaya Takbenda Dunia asli Indonesia. 

Jauh sebelumnya masyarakat Jawa telah meracik dan mengonsumsi jamu sejak sekitar tahun 722 Masehi, dan bukti pembuatan jamu ditemukan di berbagai situs arkeologi di Jawa.

Berikut beberapa jenis jamu yang baik diminum saat sahur yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

1. Jamu Kunyit Asam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: