Kisah Nabi Luth AS dan Laknat Allah SWT Kepada Masyarakat Sodom yang Terus Bermaksiat

Kisah Nabi Luth AS dan Laknat Allah SWT Kepada Masyarakat Sodom yang Terus Bermaksiat

Ilustrasi azab bagi kaum sodom yang melakukan praktek homoseksual. --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Nabi Luth AS adalah keponakan Nabi Ibrahim AS, dan merupakan seorang nabi yang diutus Allah SWT untuk masyarakat Sodom.

Kota Sodom terletak di pantai barat Laut Mati dan menjadi saksi atas laknat Allah SWT kepada kaum Sodom karena terus bermaksiat dan suka korupsi, amoralitas, hingga praktik homoseksual.

Korupsi yang dilakukan kaumnya sampai pada tingkat dimana mereka menjarah karavan, dan amoralitas sampai pada tingkat memperkosa para pelancong untuk memenuhi nafsu birahi.

Ada perbuatan keji yaitu homoseksualitas yang dipraktikkan dan dipromosikan sedemikian rupa sehingga laki-laki yang terlibat di dalamnya baik di depan umum maupun secara pribadi.

BACA JUGA:Stop Ngeluh! Nabi Ayyub AS dapat Ujian Bertubi dari Allah SWT Namun Tetap Sabar, Apa Kuncinya?

BACA JUGA:Mengapa Nabi Ismail AS Menceraikan Istrinya? Berikut Kisah dan Alasannya!

Bahkan homoseksual sudah menjadi hal yang biasa-biasa saja di kota Sodom, melalui persetujuan bersama dan dengan cara yang tidak terpaksa.

Homoseksual adalah perbuatan keji dan menjijikan yang telah melanggar batas fitrah, sebab bahkan tidak dilakukan oleh hewan, tapi justru dilakukan oleh kaum Sodom sebagai manusia yang diciptakan akal dan pikiran.

Di tengah semua fahash atau kejahatan ini, Nabi Luth AS, berulang kali mengingatkan umatnya untuk meninggalkan cara-cara mereka yang tidak bermoral dan penuh dosa.

Nabi Luth AS berkhotbah kepada mereka tentang perbuatan yang benar dan cara-cara yang halal untuk memenuhi hasrat seksual mereka, berkali-kali.

BACA JUGA:Kisah Nabi: Ibrahim AS Bapak Para Nabi yang Memiliki Iman Tak Tergoyahkan

BACA JUGA:Kisah Nabi: Saleh AS dan Kaum Tsamud yang Keras Kepala Menolak Risalah

Namun penduduk Sodom hanya mengejeknya dan sebagai balasannya mengancam akan mengusirnya dari kota mereka.

Dan ketika Nabi Luth AS memperingatkan mereka mengenai dampak serius atas tindakan mereka, mereka malah menolak untuk mengindahkan peringatan tersebut dan dengan berani mengatakan bahwa mereka siap menghadapi hukuman.

Menanggapi ketidakpercayaan mereka yang terus-menerus, Nabi Luth AS akhirnya berpaling seraya meminta pertolongan dari Allah SWT.

Allah SWT kemudian mengirimkan Malaikat berupa pemuda tampan kepada Nabi Luth AS, sebagai tamu.

BACA JUGA:Kisah Nabi Hud AS: Peringatan, Hukuman dan Binasanya Kaum 'Ad Oleh Angin yang Pedih

BACA JUGA:Sebelum Mesir Dibebaskan, Nabi Muhammad SAW Beri Isyarat Pada Umat Islam di Awal Ramadhan 20 Hijriyah

Nabi Luth AS kembali mendapati dirinya berada dalam dilema, dimana dia mengkhawatirkan keselamatan para tamunya sekaligus ingin melindungi kehormatan mereka, jadi dia dengan aman membawa mereka ke rumahnya dan menyediakan tempat bermalam bagi mereka.

Tanpa sepengetahuan Nabi Luth AS, istrinya pun telah menjadi sekutu orang-orang Sodom yang korup dan diam-diam memberitahu mereka tentang kehadiran para tamu.

Akibatnya, sekelompok orang mendekati rumah Nabi Luth AS, menuntut agar keinginan jahat mereka dipenuhi dengan para tamu.

Karena perilaku kaumnya itu, Nabi Luth AS merasa sangat malu dengan kedua tamunya. Apalagi Luth tahu yang bertamu ke rumahnya itu  bukanlah manusia biasa, tetapi para Malaikat utusan Allah SWT.

BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli AS Seorang Raja Adil dan Sabar yang Mampu Menahan Godaan Iblis

BACA JUGA:Kisah Nabi Ilyasa AS yang Membimbing Bani Israil Untuk Kembali Pada Ajaran Tauhid Beserta Mukjizatnya

Nabi Luth AS sangat tertekan dengan perilaku mereka dan memohon kepada kaumnya untuk meninggalkan niat jahat mereka.

Melihat perilaku yang sangat kurang ajar dari kaum Sodom itu, maka para tamu yang sebenarnya malaika itu keluar rumah dan mengepakkan sayapnya yang membuat sebagian kaum Sodom itu menjadi buta, tidak bisa melihat dan mereka pulang dengan penuh kesakitan  serta hanya bisa meraba-raba sebatas yang bisa mereka lakukan.

Mereka meyakinkannya bahwa kaumnya tidak akan dapat menyakitinya dan memerintahkan dia untuk pergi bersama keluarganya pada malam hari, kecuali istrinya yang akan menghadapi nasib yang sama seperti penduduk Sodom.

Mereka memperingatkan bahwa hukuman yang dijanjikan akan menimpa mereka di pagi hari. Kisah di atas didasarkan pada ayat Surah Hud berikut ini:

BACA JUGA:Dakwah Nabi Ilyas AS Menyebarkan Agama Tauhid Kepada Bani Israil Penyembah Berhala

BACA JUGA:Rahasia Sukses! Dibalik Kisah Nabi Sulaiman Menaklukkan Ratu Balqis, Pemimpin Kerajaan Saba

Pada titik ini, para Malaikat memperkenalkan diri mereka dan memberitahu Nabi Luth AS tentang identitas tersembunyi mereka. Mereka [para malaikat] berkata:

“Wahai Lutu sesungguhnya kami adalah utusan-utusan Tuhanmu; [oleh karena itu], mereka tidak akan pernah sampai kepadamu. Maka berangkatlah bersama keluargamu pada sebagian malam dan janganlah ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang – kecuali istrimu; sesungguhnya dia akan terkena apa yang menimpa mereka. Sesungguhnya janji mereka adalah pagi hari. Bukankah pagi hari sudah dekat?

Maka ketika datang perintah Kami, Kami jadikan bagian yang tertinggi [dari kota itu] menjadi yang terendah dan kami hujani mereka dengan batu-batu dari tanah liat yang berlapis-lapis, yang diberi tanda dari Tuhanmu. Dan itu (yaitu, hukuman Allah) tidak jauh dari orang-orang yang zalim.” (Surah Hud, 11:81-83)

Penting untuk ditekankan di sini bahwa masyarakat Sodom adalah komunitas pertama dalam sejarah Islam yang terlibat secara terbuka dalam tindakan homoseksualitas yang keji.

BACA JUGA:Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

BACA JUGA:Doa Nabi Sulaiman Minta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Ratu Balqis, Berikut Bacaannya!

Oleh karena itu, sebagai akibat dari dosa keji ini, Allah memusnahkan sepenuhnya orang-orang ini dari muka bumi dengan secara ajaib mengangkat kota tersebut dan menjungkirbalikkannya, menyebabkan penduduknya hancur dan terkubur di bawahnya. Hukuman ini menjadi contoh kuat betapa beratnya tindakan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: